SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Selama dua hari, Jon Koplo mengikuti seleksi penerimaan karyawan sebuah perusahaan leasing yang ada di Solo. Baik ujian tertulis maupun ujian fisik yang dia lakoni dari pagi smapai sore secara maraton membuat dia betul-betul kepayahan karena tenaganya diforsir. Wajahnya jadi pucat, tubuhnya loyo dan yang jelas penyakit ngantukan-nya pasti kumat. Hal inilah yang membuat Koplo kewirangan saat pulang naik bus menuju kampung halamannya di Boyolali.
Usai menjalani tes fisik, Koplo nyegat bus di Terminal Tirtonadi. Sekitar pukul tujuh malam, Koplo baru bisa nyengklak bus jurusan Semarang. Begitu dapat tempat duduk, tanpa ada yang nyuruh Koplo langsung blek-sek tidur ngleker. Sesampai di Kartasura , Pak Kondektur bernama Tom Gembus mulai nariki bayaran dari para penumpang. Ketika tiba di samping Jon kopo,  Tom Gembus mencoba membangunkan dengan menjawil dan menegurnya halus, “Mas, karcisnya, Mas…!” Jon Koplo tidak nggagas blas saking lelapnya tidur.
“Mas, turun mana, Mas?” tanya Gembus lagi.
Setelah berkali-kali membangunkan dengan cara halus tidak berhasil, akhirnya jengkel juga Tom Gembus. Begitu melihat di dada Koplo masih tergantung nomor tesnya, Gembus punya ide. Dengan suara lantang Tom Gembus membentak, “Hei! Nomor 351, bangun!!!” teriak Gembus.
“Mak gragap, Jon Koplo spontan bangun dan berdiri. “Sii… siap, Pak!” jawabnya dengan nada tinggi.
Kontan saja seisi bus pada tertawa melihat kejadian konyol itu.
“Ini di dalam bus, Mas, bukan latihan perang…” seloroh Pak Kondektur.
“Turun di kesatuan mana Mas, sini, bayar karcisnya dulu!” tegur Gembus masih njegeges melihat tingkah Koplo.
Mboyolali, Pak, turun Boyolali,” katanya sambil menyerahkan sepuluh ribuan dengan tertunduk malu. Sepanjang perjalanan Jon Koplo berpura-pura tidur lagi untuk menutupi rasa malunya.

Raden Sunartono, Gagak sipat RT 03/RW 03, Ngemplak, Boyolali

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya