SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jon Koplo dan Tom Gembus adalah figur mahasiswa leda-lede yang kalau menjelang ujian baru sibuk belajar dengan metode SKS (sistem kebut semalam). Demikian juga malam menjelang ujian semester lalu, mahasiswa universitas swasta di Solo ini lembur belajar di tempat kos Tom Gembus hingga larut malam. Saking kompaknya, paginya meraka karipan bersama, jam tujuh baru bangun, padahal ujian mulai setengah delapan.
Mereka pun segera ke kemar mandi. Tetapi berhubung kamar mandi yang kosong cuma satu, akhirnya yang mandi duluan Tom Gembus, semantara Jon Koplo menunggu sambil membaca diktat yang belum selesai dipelajarinya.
Selesai Tom Gembus mandi, ternyata waktunya makin mepet. Akhirnya karena alasan waktu, Koplo memutuskan tidak mandi, hanya sikatan, cuci muka dan ganti pakaian.
Saat Tom Gembus sudah nyetarter motornya, Koplo masih gedandapan mencari sesuatu. Ia merasa kurang pede, takut kalau nanti di kampus badannya bau ketahuan kalau tidak mandi.
Mbus, deodoranmu nang endi?” tanya Koplo.
Entek. Anane  minyak wangi roll on. Golekana neng laci!” jawab Gembus tanpa turun dari motor.
Koplo segera mencarinya di laci, lalu buru-buru dioleskan di baju dan ketiaknya. Mereka pun berangkat. Untung jarak antara kos dengan kampusnya cukup dekat.
Menjelang sampai kampus Jon Koplo merasakan sesuatu yang aneh pada tubuhnya. “Mbus, kelekku kok krasa panas ya? Ambune minyak wangimu kok ya aneh ya?
Gembus mulai menganalisa, lalu bertanya, “Sik-sik, Plo. Njupukmu minyak wangi neng laci ta? Sing tutupe oranye apa ireng?”
Ireng,” jawab Koplo.
Waduh, sori berat, Plo, aku lali ora ngandhani. Memang di laci ada dua kemasan yang sama persis. Yang tutup oranye memang minyak wangi roll on, tapi yang kamu ambil tutup ireng itu minyak angin aroma terapi, tak nggo yen aku masuk angin!” jawab Gembus menahan tawa.
Alhasil, sambil menggerutu Koplo harus menghadapi dua masalah sekaligus. Pertama, menyelesaikan soal-soal ujian yang susah dijawabnya, yang kedua harus menahan rasa panas pada ketiaknya.

Dara Rosyda Ardiana, Brantan RT 07/RW 08 Pajang, Laweyan, Solo.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya