SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jon Koplo adalah anggota karang taruna yang aktif di kampungnya. Badannya tinggi besar. Ia juga terkenal pemberani dan jago berkelahi. Tak heran jika ia sering diminta menjadi sie keamanan jika ada hajatan atau kegiatan di kampungnya.
Keberanian Jon Koplo makin tenar saat ia berhasil menangkap seekor ular piton di selokan warga. Ular ini sering mengganggu ternak dan meresahkan warga. Dengan sigap dan tanpa rasa takut, Jon Koplo menangkap ular yang berukuran lumayan besar itu.
Suatu hari dalam rangka menyambut Bulan Ramadan, karang taruna menyelenggarakan kerja bakti membersihkan makam desa. Saat membersihkan semak-semak, Tom Gembus berteriak ketakutan karena ada ular kecil yang melingkar di balik semak-semak. Jon Koplo yang memiliki reputasi harum menangani ular, segera saja dipanggil dan diminta untuk menangkap ular bisa membahayakan peserta kerja bakti tersebut. Sendirian, Jon Koplo pun menuju semak-semak. Namun, hal yang tak terduga terjadi. Tiba-tiba saja Koplo lari terbirit-birit ketakutan.
Melihat Jon Koplo yang pemberani berlari, kontan saja pemuda yang lain ikut berlari. Mereka mengira ada situasi yang berbahaya.
Sampai di gerbang makam, Jon Koplo berhenti, nafasnya ngos-ngosan.
”Ada apa Plo, induk ularnya datang ta?” tanya Tom Gembus.
”Nggak kok, Mbus. Tadi aku lari karena takut ayam jago,” jawab Jon Koplo dengan ekspresi serius.
Mendengar jawaban Jon Koplo yang tidak disangka, tentu saja rombongan karang taruna pun ger-geran. Usut punya usut, setelah ditanyakan kepada emaknya, Jon Koplo memang trauma dengan yang namanya ayam jago, karena sewaktu kecil dulu Koplo pernah dipatuk ayam jago. Sampai sekarang, meski ia jadi jagoan kampung ternyata takut dengan ayam jago kampung. Ealaaah…

Gigih Wicaksono, Nayu Timur RT 05/RW 18 Nusukan, Banjarsari, Solo

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya