SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

26-ahtenaneMbah Jon Koplo, warga Karanganyar yang tinggal di pelosok ini termasuk penggila bola, baik tarkam maupun siaran di televisi (TV). Belum lama ini, Mbah Koplo berkunjung ke rumah salah satu anaknya, sebut saja Tom Gembus, yang belum lama pindah ke Solo.

Ketika jalan-jalan di dekat rumah Gembus, tanpa sengaja ia melihat TV milik tetangga sedang menyarkan pertandingan sepakbola. “Wah, gayeng kiyi, ana bal-balan neng tipi,” ujar Mbah Koplo sumringah.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Ia pun segera nggejjrit pulang agar bisa nonton bal-balan di rumah. Sampai di rumah segera mengganti channel stasiun televisi, tapi tak satu pun stasiun televisi yang menyiarkan sepak bola.

Apa tivimu sulaya ta, Le? Mosok ora isa bal-balan?” tanya Mbah Koplo. Tentu saja Tom Gembus menjawab tidak, karena memang TV-nya dalam keadaan seger-waras.

Lha kae, TV-ne tanggamu isa nyiarke bal-balan, kok TV-mu ora ki piye?” tanyanya lagi.

Ah, ora mungkin, sore ngene kok ana bal-balan, Pak,” jawab Gembus. Seingatnya, saat ini kompetisi ISL atau Divisi Utama Sepakbola Liga Indonesia memang belum bergulir. Bapak-anak itu eyel-eyalan. Akhirnya keduanya pergi ke rumah tetangganya.

Lha kae lho, siaran bal-balane gayeng banget,” ujar Mbah Koplo ketika sampai di rumah tetangga Gembus, Kontan saja Gembus tertawa terpingkal-pingkal.

Lho, ngapa kok ngguyu?” tanya Mbah Koplo tidak mudheng.

Oalah Pak, Pak, kae bal-balan ora tenanan. Kae Playstation,” Gembus menjelaskan tharik-tharik kalau gambar yang terpampang di-TV tetangga itu hanyalah game alias permainan yang mirip sepakbola sungguhan. Mbah Koplo hanya manthuk-manthuk sajak mudheng-mudhenga kae.

 

Krisnanda Theo Primaditya, RT 004/RW 019 No. 15 B, Mojosongo, Solo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya