SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Lady Cempluk adalah seorang bakul gorengan di daerah Kartasura. Pagi hari ia mulai menggelar dagangannya, sore hari biasanya Cempluk kulakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk esok harinya. Dan untuk masalah kulakan ini Cempuk punya langganan tetap di warung sayur Gendhuk Nicole, dekat rumahnya.
Seperti biasa, sore itu Cempluk pergi kulakan dengan jalan kaki. Karena hanya dekat, Cempluk pun tak perlu dandan dan hanya mengenakan pakaian seadanya, rok lusuh dan baju kumal yang hanya ditutup jaket.
Sesampai di sana ndilalah warung sayur langganannya tutup. Ia pun terpaksa berjalan lagi menuju warung milik Tom Gembus yang jaraknya lumayan jauh.
Setelah kurang lebih setengah jam berjalan, Cempluk akhirnya sampai di warung Pak Gembus dan transaksi pun segera dimulai. Semua bahan-bahan sudah didapat kecuali satu, yakni tepung terigu yang kebetulan pas habis.
“Kalau butuhnya banyak mending njenengan beli di minimarket sebelah itu, Bu. Harganya juga miring kok,” terang Gembus.
Sambil berjalan pulang, Cempluk mampir ke minimarket yang disarankan Tom Gembus. Meskipun belum pernah masuk ke minimarket, tapi Cempluk tetap PD. “Pembeli adalah raja. Rasah isin,” batin Cempluk sambil berjalan megal-megol memasuki minimarket.
Setelah masuk, Cempluk langsung nyelonong ke dalam dengan sok memilih-milih barang, padahal dia masih membawa tas kresek plastik hitam besar berisi bahan-bahan yang dibeli dari warung Tom Gembus. Melihat gelagat Cempluk yang mencurigakan, salah satu karyawan bernama Jon Koplo menghampirinya.
“Maaf, Bu. Di arena ini, pengunjung dilarang membawa jaket dan barang bawaan. Silakan menitipkan jaket dan barang bawaan ibu ke tempat penitipan,” sapa Koplo dengan hormat.
Mak tratap, wajah Cempluk langsung abang-ireng. Lebih-lebih ketika membuka jaket, baju yang dalamannya hanya klambi bedinan luthuk itu pun, terpaksa dipamerkan ke pengunjung mini market.
Sambil ngampet isin, Cempluk buru-buru belanja seperlunya, lalu ngacir keluar diiringi tatapan para pengunjung dan karyawan minimarket.

Dani Kusumasari, Butulan Baru RT 003/RW 023, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, 57161

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya