SOLOPOS.COM - Jokowi dan Dahlan Iskan (JIBI/Solopos/Antara/Dhoni Setiawan)

Solopos.com, BOGOR — Bergabungnya Dahlan Iskan ke poros PDIP menambah kepercayaan diri kubu capres dan cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) untuk memenangkan Pilpres 9 Juli 2014 mendatang.

Jokowi menilai sosok pemenang konvensi Partai Demokrat tersebut merupakan tokoh bersih dan berintegritas sehingga memperpanjang daftar tokoh berintegritas menyusul Anies Baswedan dan Sinyo Harru Sarundajang. Keduanya yang juga peserta konvensi capres Partai Demokrat sudah lebih dulu merapat ke Jokowi-JK.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya kira dari sisi track record jadi tambahan, brand baru bahwa yang berkumpul di kita tokoh-tokoh, figur-figur yang punya rekam jejak yang jelas, baik punya integritas, bersih dan jelas punya potensi,” kata Jokowi seusai deklarasi relawan Demi Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor Jawa Barat, Sabtu (31/5/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Dahlan mengatakan dukungannya tersebut diberikan tanpa pamrih, murni tanpa negosiasi dengan elit partai koalisi maupun dengan Jokowi sendiri. Pada prinsipnya dukungan itu diberikan untuk membangun gerakan sosiopreneurship yang bermanfaat untuk masyarakat secara luas.

“Tidak ada transaksi, tidak ada negosiasi, bahkan ketemu pak Jokowi baru di sini,” katanya saat berada di samping Jokowi.

Basis massa pendukungnya merata di seluruh Indonesia terutama dari lingkungan pesantren karena Dahlan merupakan jebolan santri ketika masih sekolah. Relawan Demi Indonesia yang hadir dalam deklarasi di Sentul itu pun sebagian besar dari kalangan santri terlihat dari pakaiannya menggunakan baju muslim.

Walaupun pendukungnya banyak, Dahlan enggan menyampaikan target perolehan suara Jokowi-JK dengan alasan yang penting bekerja keras menggalang kekuatan massa. Dukungan kepada Menteri BUMN itu terbukti saat bertarung dalam konvensi demokrat, relawannya berhasil dan tidak minta bayaran maupun uang ganti apapun.

“Saya tidak klaim tapi kerja keras. Memang riil di grasroot memenangkan saya di konvensi tidak minta bayaran, tidak minta ganti apapun yang saya anggap relawan,” jelas Dahlan.

Pengamat politik, Heri Budianto, kepada Metro TV, mengatakan kehadiran Dahlan Iskan bakal memengaruhi basisnya untuk memperkuat Jokowi-JK. “Saya kira ada pengaruh, apalagi dengan infrastruktur, seperti relawan yang sudah dibangun Pak Dahlan selama dia mengikuti konvensi Partai Demokrat,” kata Heri, Sabtu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya