SOLOPOS.COM - Jokowi-Prabowo (news.liputan6.com)

Solopos.com, JAKARTA — Meskipun Partai Gerindra didukung oleh partai-partai basis Islam, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) malah memprediksi Jokowi-JK akan memenangkan suara pemeluk agama Islam di Indonesia.

Dari total 87.4 % responden yang beragama Islam, sebanyak 33.95% responden mendukung Jokowi-JK ketimbang Prabowo-Hatta dengan raihan 24.29%. Meski demikian, pemilih yang tidak menentukan jawaban lebih banyak dari hasil kedua kubu. Pemilih yang belum memutuskan pilihan atau tidak tahu sampai survei ini dilakukan mencapai 41.76% total suara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Juru Bicara LSI, Ardian Sopa, mengatakan survei tersebut dilakukan sebelum PKS, PBB, dan PPP, selaku partai basis islam memutuskan berlabuh ke Gerindra. “Bisa jadi dengan perkembangan politik kini, 41.76 persen suara yang tadinya belum tahu akan kemana jadi bisa memutuskan pilihannya,” kata Ardian, di Jakarta, Selasa (20/5/2014).

Hasil survei lainnya, Jokowi-JK juga unggul di semua suku, kecuali Betawi. Suku Bugis menjadi pemilih dengan persentase tertinggi untuk Jokowi-JK, yakni 43.54%, sementara Prabowo-Hatta hanya 17.01%. Sementara itu, pemilih Betawi untuk Prabowo-Hatta mencapai 46.69%, sementara Jokowi-JK mencapai 16.31%. Adapun suku Jawa yang mendominasi keseluruhan responden sebesar 40.7%, memilih Jokowi-JK sebesar 36.75%, sementara Prabowo-Hatta memperoleh 19.25%.

Namun, LSI melakukan survei head to head antara Jokowi-JK dengan Prabowo-Hatta ini pada 1-9 Mei 2014. Saat itu, koalisi kedua kubu belum dapat dipastikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya