SOLOPOS.COM - Joko Widodo dan Prabowo Subianto (JIBI/Antara/dok)

Solopos.com,JAKARTA —  Jumlah belanja iklan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla ternyata ungguli belanja iklan rivalnya, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Dalam pantauan Lembaga Satu Dunia, selama 22 Mei hingga 23 Juni, kedua pasangan telah menggelontorkan dana sedikitnya Rp 38,58 miliar. Angka tersebut didapatkan dari 2.821 kemunculan iklan spot yang dipantau di beragam media massa, 25 stasiun televisi, 20 stasiun radio dan 33 surat kabar di 5 kota besar Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Adapun, Jokowi-JK telah mengiklankan sebanyak 1.790 iklan, sedangkan Prabowo-Hatta 1.031 iklan. Banyaknya jumlah iklan yang didapat Jokowi-JK membuat pasangan ini telah menghabiskan Rp 19.411.695.395, sedangkan Prabowo-Hatta menghabiskan Rp 19.174.758.988.

Ekspedisi Mudik 2024

“Seperti yang diduga, belanja iklan capres di meda massa dipengaruhi oleh dukungan pemilik media kepada masing-masing kubu,” jelas Project Coordinator Pemantauan Iklan Capres di Media Massa Satu Dunia Anwari Natari, di Media Center KPU, Jakarta, (25/6/2014).

Rinciannya, kubu Prabowo-Hatta lebih banyak beriklan di MNC TV Group (MNC TV, RCTI, dan Global TV) dan milik Bakrie Group (ANTV dan TV ONE).

“Hingga 23 Juni, persentase iklan Prabowo-Hatta di RCTI sebesar 26,86%, Global TV 8,70%, MNC TV 12,77%, TV One 17,78%, ANTV 6,63%, sisanya baru di iklan televisi lain,” jelas Anwari.

Sementara itu, belanja iklan Jokowi-JK ternyata tidak berasal dari Metro TV saja, adapun dari paparan diatas Prabowo-Hatta tercatat tidak pernah beriklan di Metro TV.

“Iklan Jokowi-JK malah paling banyak di RCTI sebesar 24,94%. Sementara iklan pasangan ini di Metro TV hanya 7,49%,” katanya.

Seperti yang diketahui, tiga grup yang disebutkan diatas berafiliasi kepada masing-masing pasangan calon. Hary Tanoe Soedibyo, pemilik MNC Group dan Aburizal Bakrie, pemilik Bakrie Group mendukung pemenangan Prabowo-Hatta. Sementara itu, pemilik Metro TV Surya Paloh mendukung Jokowi-JK.

“Maka dari yang sudah kami jelaskan dapat terlihat Prabowo-Hatta hanya beriklan di tempat pihak yang mendukungnya, sementara MNC Group ternyata juga mengiklankan rivalnya, Jokowi-JK,”jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya