Jokowi: Vaksin Covid-19 untuk Seluruh Rakyat Indonesia, Bukan Hanya Anggota BPJS
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi membantah isu bahwa nantinya yang mendapatkan vaksin Covid-19 adalah yang menjadi anggota BPJS.

Jokowi kembali menegaskan vaksin Covid-19 akan diberikan secara gratis ke seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

“Jadi tidak ada kaitannya dengan anggota BPJS. Kan ada isu yang divaksin hanya yang anggota BPJS itu tidak, semua keluarga bisa mengikuti vaksinasi, tapi nanti akan diatur oleh kelurahan atau puskesmas,” kata Jokowi saat menyalurkan bantuan modal kerja kepada pelaku usaha mikro dan kecil di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (18/12/2020).

Libur Nataru, Pendaki Naik ke Puncak Lawu Tetap Dibatasi 350 Orang/Hari

Dia menambahkan meskipun vaksin Covid-19 sudah tersedia di Indonesia, tetapi proses vaksinasi tidak dapat langsung dilakukan karena masih harus menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Vaksinnya kan sudah datang, tapi untuk disuntikkan ke seluruh warga Indonesia masih menunggu tahapan BPOM. Kalau BPOM sudah kasih izin, bisa langsung disuntikkan kepada masyarakat dan tidak dipungut biaya atau gratis,” jelas Jokowi.

Saat ini, ungkap Jokowi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam proses mengeluarkan fatwa terkait kehalalan vaksin Covid-19.

Proses Dilaksanakan Bertahap

Menurut Jokowi setelah vaksinasi nanti dapat dilakukan, prosesnya akan dilaksanakan secara bertahap.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan proses vaksinasi nantinya akan dilakukan secara bertahap.

Tetangga Sempat Teriak Peringatkan, Ini Kronologi Kakek-Kakek Tersambar KA BBM di Sragen

Oleh karena itu, dia mengingatkan bahwa Indonesia tidak akan langsung bisa ke kembali ke kondisi normal seperti sebelumnya adanya pandemi Covid-19 meski vaksinasi telah dilakukan.

“Banyak sekali yang harus divaksin, memerlukan waktu. Sehingga ketika besok sudah divaksin keadaan tidak bisa langsung normal,” paparnya.

Belasan Pelajar Nongkrong di Bangunan Kosong Manahan Solo Dibubarkan Polisi

Jokowi juga mengungkapkan dampak dari pandemi Covid-19 dirasakan hampir seluruh pelaku usaha, baik itu pelaku usaha mikro dan kecil, menengah, hingga pelaku usaha yang besar sekalipun.

Menurutnya, kondisi ini tidak hanya dirasakan oleh Indonesia saja, tetapi juga oleh 215 negara di seluruh dunia merasakan kesulitan yang sama akibat pandemi Covid-19.

Sumber: Bisnis.com



Berita Terkini Lainnya








Kolom