Jokowi Umumkan Obat Sembuhkan Pasien Penyakit Virus Corona
Presiden Joko Widodo. (Liputan6.com)

Solopos.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan obat-obat yang diyakini bisa sembuhkan pasien penyakit virus Corona (Covid-19). Obat-obat itu yakni avigan dan klorokuin.

Selebgram Rachel Vennya Donasi Rp775 Juta untuk APD Nakes

Jokowi mengatakan kedua obat itu bukanlah antivirus Corona. Sebab, hingga kini antivirus atau vaksin Corona belum ditemukan. Namun, kedua obat ini setidaknya pernah dicoba di beberapa negara dan terbukti sembuhkan pasien positif Corona.

Solo Sepi Imbas Corona, Penarik Becak Merana

"Obat ini sudah dicoba oleh 1, 2, 3 negara dan memberikan kesembuhan yakni avigan. Kita mendatangkan 5.000 dan sedang dalam proses pemesanan dua juta. Kedua, klorokuin. Kita siap tiga juta," kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Istana, Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Tentara Ikut Awasi Warga Solo Yang Karantina Mandiri

Obat yang diyakini bisa sembuhkan penyakit Corona itu akan sampai ke pasien melalui dokter dari rumah ke rumah, rumah sakit, dan puskesmas di kawasan terinfeksi virus Corona. Jokowi juga meminta agar BUMN farmasi produsen obat itu meingkatkan produksinya.

Imbas Corona, Wapres Sarankan Mudik Lebaran Diganti Silaturahmi Online

"Kecepatan ini yang ingin saya sampaikan. Kita ini tidak diam tapi mencari hal-hal, informasi apa yang bisa kita [lakukan] agar menyelesaikan Covid-19 ini," ujar Jokowi.

Dr Oz: Bosan Saat Dikarantina karena Corona? Nge-Seks Solusinya!

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga menyebutkan pada Jumat sore ini, rapid test aka dilakukan dengan prioritas di wilayah paling rawan. Kawasan itu merupakan wilayah yang dulu sudah diketahui ada kontak tracking dari pasien-pasien positif Covid-19.

Lowker Solo, Karyawan/Karyawati Toko

Di wilayah itulah petugas akan mendatangi dari rumah ke rumah untuk melakukan rapid test.

"Jadi memang ada prioritas dan kita prioritaskan dari pemetaan menunjukkan hasil yang paling rawan di Jakarta Selatan," tutur Jokowi.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho