SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Tahun 2021, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/3/2021). ANTARA/Twitter @setkabgoid/pri.

Solopos.com, JAKARTAPresiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan mengumumkan menteri-menteri hasil reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (15/6/2022) ini. Menurut pasaran Jawa, hari ini adalah Rabu Pahing.

Presiden Jokowi beberapa kali melakukan reshuffle pada hari Rabu. Pria asal Solo itu terkenal selalu mencari “hari baik” saat menyampaikan pengumuman penting pemerintahannya. Presiden Jokowi sendiri lahir pada Rabu Pon.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Seperti dikutip dari Tempo, Momen Jokowi melakukan reshuffle kabinet periode pertama pemerintahannya pada Rabu Pon, 12 Agustus 2015, dengan melantik enam menteri baru.

Baca Juga: Reshuffle Kabinet Siang Ini, Presiden akan Lantik 3 Wakil Menteri

Setahun berselang, Jokowi kembali merombak jajaran kabinet. Reshuffle Jilid II dilakukan pada Rabu Pon yang jatuh pada 27 Juli 2016. Saat itu, Jokowi merombak besar-besaran susunan kabinetnya. Ada 13 posisi menteri, di antaranya memulangkan Sri Mulyani yang sedang menjabat sebagai Direktur Bank Dunia untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Selanjutnya, Jokowi melakukan reshuffle ketiga pada Rabu Pahing, 17 Januari 2018.

Pada Rabu Legi, 23 November 2019, Jokowi mengumumkan susunan menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Selanjutnya, dia melakukan reshuffle pertama dan melantik enam menteri serta lima wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju pada Rabu, 23 Desember 2020.

Baca Juga: Isu Reshuffle Kabinet Membuat IHSG Melemah

Pada Rabu Wage, 28 April 2021, Jokowi melantik dua menteri Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 serta satu kepala lembaga pemerintah nonkementerian.

Pada 17 November 2021, Presiden Jokowi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun. Jika menggunakan tanggalan Jawa, 17 November 2021 adalah hari Rabu Pahing.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kenapa Jokowi Memilih Rabu Pahing Reshuffle Kabinet, Bukan Rabu Pon?”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya