Presiden Jokowi menyampaikan ucapan menyambut Ramadan 1439H, di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Kamis (17/5/2018). (Setkab.go.id)

Semarangpos.com, SEMARANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan berkunjung ke Kota Semarang, Kamis (7/6/2018). Agenda Jokowi kali ini tak lain adalah meresmikan terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang yang akan berubah nama menjadi Bandara Jenderal Ahmad Yani.

 “Nanti rencana Pak Jokowi sendiri yang akan meresmikan. Beliau tidak hanya akan meresmian operasional terminal bandara yang baru, tapi juga tower navigasi milik Airnav,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso, saat meninjau kesiapan terminal baru Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Minggu (3/6/2018).

Agus berharap dengan beroperasinya terminal baru, Bandara Jenderal Ahmad Yani itu mampu melayani kebutuhan penumpang pesawat di Semarang. Terlebih saat arus mudik Lebaran 2018 nanti, penumpang pesawat di Semarang diprediksi mencapai 5 juta orang lebih atau meningkat sekitar 10% dari jumlah penumpang tahun lalu.

“Dengan adanya pelayanan yang baru ini, kami harap movement penumpang di bandara tidak lagi uyel-uyelan [berdesak-desakan]. Satu orang penumpang itu harus bebas bergerak dalam jarak 16 meter. Jadi kalau terminalnya luas kan enak,” terang Agus. Bukan hanya Bandara Ahmad Yani Semarang, pelayanan ekstra saat arus mudik Lebaran 2018 nanti juga akan dilakukan di dua bandara lain yang menjadi wewenang PT Angkasa Pura (AP) I, yakni Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, dan Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Pelayanan ekstra itu salah satunya dengan memperluas appron untuk parkir pesawat saat arus mudik Lebaran 2018. “Untuk yang di Solo [Bandara Adi Soemarmo] appron kita perluas sehingga bisa parking stand sampai lima pesawat. Itu dilakukan sebagai upaya agar arus penumpang saat mudik nanti menjadi lancar,” terang Agus.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT AP I, Faik Fahmi, mengatakan persiapan operasional terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang akan mulai dilakukan Selasa (5/6/2018). “Tanggal 5 Juni nanti kita [pegawai operasional Bandara Ahmad Yani Semarang] sudah mulai boyongan [pindah] ke sini [terminal baru]. Terus tanggal 6 Juni, kita layani penerbangan perdana dan tanggal 7 Juni diresmikan Bapak Jokowi, sore,” terang Fahmi. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten