SOLOPOS.COM - Begini suasana open house calon presiden terpilih Pilpres 2014 Joko Widodo alias Jokowi (kedua dari kanan) di Graha Sabha Buana, Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (30/7/2014). (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Ratusan warga terpaksa gigit jari tak bisa bertemu dan bersalaman dengan Presiden RI terpilih, Joko Widodo (Jokowi) pada acara open house yang digelar di Graha Saba Buana, Rabu (30/7/2014). Mereka terlantar tepat di depan pintu gerbang gedung lantaran acara open house di tutup tepat pukul 12.30 WIB.

Sementara itu, empat orang dilaporkan pingsan saat menghadiri acara open house Jokowi. Mereka yang rata-rata lansia dan anak ini pingsan lantaran berdesak-desakan menuju pintu masuk Graha Saba Buana.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pantauan Solopos.com, ratusan warga berdesak-desakan antre di halaman Graha Saba Buana. Beberapa lansia dan ibu-ibu dengan membawa anak kecil terlihat di antara kerumunan tersebut. Meski disediakan kursi, tak banyak yang memanfaatkan kursi tersebut. Warga memilih berdiri di bawah terik sinar matahari sebelum masuk ke dalam gedung.

“Ada empat orang yang pingsan. Tiga lansia dan satu anak-anak. Mungkin kepanasan dan desak-desakan jadi langsung pingsan,” ujar petugas Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Solo, Desti.

Dia mengatakan satu orang lansia terpaksa dibawa pulang dengan menggunakan mobil ambulance milik PMI. Dia mengatakan petugas PMI disiagakan di Graha Saba Buana untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, ratusan warga terpaksa gigit jari dan terlantar di depan pintu gerbang Graha Saba Buana. Mereka tidak bisa masuk lantaran petugas menutup pintu gerbang setelah panitia menutup acara open house. “Saya sudah jauh-jauh datang dari Karanganyar ke sini mau ketemu pak Jokowi tapi tidak bisa. Ternyata sudah ditutup tidak boleh masuk,” ujar Dewi warga Tegalgede, Karanganyar.

Hal senada diungkapkan warga lainnya, Widodo dari Sukoharjo yang juga tak bisa bertemu Jokowi. Dirinya datang bersama keluarga sejak pukul 11.00 WIB. Namun sampai di depan pintu gerbang antre masuk ke dalam gedung hingga beberapa jam. Kemudian petugas menutup pintu gerbang. “Kami tidak boleh masuk. Katanya Pak Jokowi akan ke Bandara nanti telat naik pesawat,” keluhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya