SOLOPOS.COM - Barack Obama (Istimewa/Dailymail)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mengucapkan selamat kepada presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi), melalui sambungan telepon pada Rabu (23/7/2014) pagi pukul 11.00 WIB atau pukul 23.00 waktu Washington.

Sejumlah pimpinan negara lain juga mengucapkan hal yang sama kepada Jokowi. “Obama pukul 11.00 WIB telepon,” kata Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (23/7/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelumnya, pemimpin negara yang mengucapkan selamat kali pertama kepada Jokowi adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) setelah pengumuman hasil rekapitulasi suara oleh KPU Selasa (22/7/2014) malam.

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam perbincangan dengan Jokowi via telepon tersebut, Barack Obama sekedar mengucapkan selamat atas terpilihnya Jokowi-JK sebagai pemimpin Indonesia. Obama berharap kerjasama Indonesia dan AS bisa lebih erat. “Ngobrol biar kerjasama lebih kuat lagi,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Presiden SBY menelepon langsung saat Jokowi menuruni tangga Gedung KPU. SBY menjadi orang pertama yang mengucapkan selamat atas terpilihnya Jokowi sebagai presiden terpilih dalam pemilu presiden dan wakil presiden 2014.

Wakil Presiden Boediono juga mengucapkan hal yang sama hari ini. Disusul dengan ucapan dari Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong; dan Perdana Menteri Australia, Tony Abott, yang pada intinya semua mengucapkan selamat atas terpilihnya pasangan Jokowi-JK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya