SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengemukakan penutup lawatan kenegaraan terakhir sebagai ke Jepang sebagai pembuka jalan untuk presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu dikemukakan Presiden SBY saat memberikan keterangan pers di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (18/9/2014) pagi, sebelum lepas landas menuju Portugal, AS, dan Jepang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

SBY memulai lawatan Luar Negeri dengan berkunjung ke Lisbon, Portugal, dilanjutkan ke New York, AS, dan ditutup dengan kunjungan ke Kyoto, Jepang. Total lama perjalanan kenegaraan terakhir SBY tersebut mencapai 12 hari.  Di Kyoto, SBY dengan pimpinan persahabatan Jepang Indonesia, kalangan perguruan tinggi, dan para sahabat-sahabat Indonesia di Jepang.

“Intinya adalah menutup masa bakti kami under Indonesia-Japan comprehensive partnership yang harapannya agenda-agenda penting bisa kita tuntaskan sambil membuka jalan, mempersiapkan untuk Presiden Jokowi melanjutkan di waktu yang akan datang. Justru tema di Kyoto adalah from SBY to Jokowi,” ujar SBY.

Pada saat yang sama, Jokowi yang saat ini masih menjabat Gubernur DKI Jakarta turut hadir mengantarkan keberangkatan SBY dan delegasi. SBY berharap pemerintahan mendatang dapat melanjutkan hubungan dan kerjasama yang baik antara Indonesia dan Jepang yang telah berlangsung secara kuat selama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya