SOLOPOS.COM - Jokowi dan para artis di Jakarta, Minggu (24/8/2014) malam. (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – –Presiden terpilih Joko Widodo mengajak jajaran fraksi di DPR untuk mendukung program di pemerintahannya mendatang.

Bentuk dukungan itu dengan cara mencari celah pos-pos anggaran dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara 2015 agar dapat menjalankan program prioritas Jokowi-JK.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk tahap pertama, Jokowi mengajak fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan melakukan pertemuan intern di bekas kantor Tim Pemenangan Jokowi-JK Jl Sisingamangaraja Jakarta Selatan Selasa (26/8/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

“Kita memang berbicara awal mengenai APBN 2015. Jadi ruang-ruang mana yang bisa kita masuki agar program prioritas kita bisa dikerjakan di lapangan,” kata Jokowi seusai pertemuan internal yang dihadiri Wapres terpilih Jusuf Kalla, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketua Fraksi PDI-P Puan Maharani dan sejumlah pilar partai.

Jokowi selanjutnya akan mengundang fraksi DPR RI lainnya dari partai koalisi pendukung Jokowi-JK pada Kamis petang 28 Agustus 2014. Topik yang dibicarakan masih pada persoalan yang sama yakni celah pos-pos RAPBN 2015.

Sejauh ini, menurutnya belum ada pembahasan secara detail mengenai celah tersebut yang nantinya dipakai untuk menjalankan program pemerintahan baru.

Adapun program utama Jokowi-JK adalah bidang pendidikan, kesehatan, perdesaan, pertanian dan kelautan. Diharapkan kelima program ini bida direalisasikan pada tahun pertama periode kepemimpinan.

Puan Maharani dalam kesempatan yang sama berharap semua parpol dapat menyamakan visi dan misi dukung kepemimpinan Jokowi-JK. Menurutnya, program pemerintah tidak akan bisa jalan tanpa dukungan parlemen.

“Kami berharap semua parpol samakan visi dan misi dukung Jokowi-JK kalau memang punya niat yang sama,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya