SOLOPOS.COM - Jokowi dan tim transisi pemerintahannya. (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Solopos.com, JAKARTA — Calon presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) kembali mengadakan rapat dengan tim transisi, Sabtu (9/8/2014). Dalam rapat kali ini, mereka membahas rencana swasembada beras dan gula yang akan dilakukannya saat menjabat.

“Tadi bahas masalah yang berkaitan dengan mengoperasionalkan program swasembada bisa terelalisasi. Soal beras dan gula,” kata Jokowi di Kantor Transisi, Jl. Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (9/8/2014), seperti dikutip Detik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jokowi belum mau merinci seperti apa swasembada beras dan gula yang ia akan lakukan. Ia mengatakan saat ini tim transisi Jokowi masih merancang agar kebijakan yang akan dibuatnya dapat segera direalisasikan saat sudah dilantik menjadi presiden, Oktober 2014 mendatang.

Ia mengaku bila program swasembada beras dan gula yang akan diterapkan pada masa kepemimpinannya adalah hal yang baru. Menurut Jokowi, hal ini berbeda dengan yang selama ini sudah dilakukan pemerintahan presiden SBY. “Tidak [berkesinambungan dengan kebijakan pemerintahan SBY]. Kita mulai dari nol betul,” ucapnya.

Tak hanya membahas soal swasembada pangan, Jokowi dan timnya sedang merancang program kedaulatan desa. Namun, ia masih menghitung segala tahapan yang harus dilaksanakan agar tak hanya berhenti pada kebijakan tapi tak maksimal penerapan lapangannya.

“Karena yang penting bukan soal kebijakannya, tapi implementasi kebijakan. Soal operasi di lapangan,” imbuhnya.

Sejumlah kebijakan strategis yang digodok Tim Transisi antara lain RAPBN 2015. Karena APBN 2015 disiapkan oleh pemerintahan SBY sementara pelaksananya adalah Jokowi-JK.

“Ya saya harus ikut, dong. Supaya ada program yang akan saya kerjakan itu masuk. Masak saya setahun mengerjakan yang bukan perencanaan saya, itu yang saya sampaikan ke beliau [SBY] dan beliau sangat menyambut baik. Beliau ingin melibatkan kita dalam pembahasan itu,” kata Jokowi.

Jokowi memang sudah melakukan komunikasi informal dengan Presiden SBY terkait pembentukan Tim Transisi ini. Jokowi pun diberi ruang berkoordinasi dengan pihak terkait.

“Mungkin nanti yang akan sering kita temui adalah UKP4 [Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan], Bappenas, dan yang berkaitan dengan APBN,” kata Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya