SOLOPOS.COM - Joko Widodo dan Jusuf Kalla. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Harianjogja.com, JOGJA-Pakar politik Universitas Gadjah Mada (UGM) Mada Sukmajati menilai tidak ada salahnya dalam masa-masa awal ini Jokowi mencoba mencairkan suasana dengan merangkul Koalisi Merah Putih.

“Tidak ada salahnya pembentukan kabinet juga meminta pendapat-pendapat dari oposisi. Hal paling penting adalah kepentingan rakyat, bukan ego masing-masing pihak,” ujarnya.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Menurut Mada, sifat koalisi ada dua, yakni secara ideologis dan perolehan kursi. Sementara, yang terjadi di Indonesia adalah koalisi berdasarkan perolehan kursi sehingga keteguhan sikap anggota parlemen tidak bisa abadi.

“Termasuk Koalisi Merah Putih. Saya pesimistis koalisi itu bisa solid dalam periode lama. Mungkin setelah menginjak tahun kedua sudah berpindah haluan,” terang dia.

Kendati begitu, pada masa-masa awal seperti ini Jokowi diharapkan tetap menjalin relasi baik dengan rivalnya. Menurutnya, Jokowi bisa mengaplikasikan visi Koalisi Merah Putih yang dianggap berbobot dalam memajukan negeri ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya