SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Presiden Jokowi memastikan tol Jakarta-Semarang siap dipakai pada Lebaran 2017.

Solopos.com, BATANG — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan masyarakat bisa memanfaatkan jalan tol Jakarta-Semarang pada musim mudik Lebaran tahun ini. Kendati belum seluruhnya selesai, beberapa ruas Tol Trans Jawa bisa digunakan secara fungsional.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Artinya, struktur tanah sudah dikeraskan dan dilapisi beton alias lean concrete. Di samping itu, untuk menjaga keselamatan pemudik pada malam hari, pengelola akan memasang lampu di sepanjang jalan.

Ketiga ruas jalan tol yang bisa dilalui secara fungsional, antara lain tol Pejagan-Pemalang, tol Pemalang-Batang, dan tol Batang-Semarang. “Lebaran 2017 sampai ke Semarang bisa dipakai. Belum sempurna selesai tapi bisa dipakai,” papar Jokowi saat meninjau proyek Tol Batang-Semarang, di Batang, Senin (9/1/2016).

Jokowi menambahkan, proses pembebasan lahan proyek tol Batang-Semarang seksi I dan II sudah selesai dan uang telah dibayarkan pada Senin (9/1/2016). Pemerintah membayar sisa ganti rugi sebesar Rp90 miliar dengan luas 9 hektare. “Ini proses pembebasan lahan di Batang hari ini selesai,” ujarnya.

Sementara itu, pekerjaan konstruksi terus dikebut untuk memenuhi target pemanfaatan operasional jalan tol. Presiden menerangkan pembangunan tol Batang-Semarang sepanjang 75 km ini sempat mangkrak selama 20 tahun. “20 tahun sempat berhenti,” terangnya.

Proyek ini awalnya dimulai pada 1996 silam. Namun, karena tidak menunjukkan kemajuan, maka penugasan diberikan kepada PT Jasa Marga Semarang-Batang yang merupakan perusahaan patungan antara PT Jasa Marga Tbk dan PT Waskita Karya Toll Road.

“Alhamdulillah sudah mendapatkan laporan dari Menteri PUPR hari ini, khusus di Batang, 100% pembebasan [lahan] selesai. Kemudian yang di Kendal dan Semarang, akhir Februari maksimal, 100% rampung,” kata dia.

Jalan Tol Batang-Semarang sendiri secara total memiliki panjang 75 kilometer (km) yang terbagi dalam 5 seksi, yakni seksi I Batang-Batang Timur sepanjang 3,20 km; seksi II Batang Timur-Weleri sepanjang 36,35 km; seksi III Weleri-Kendal sepanjang 11,05 km; seksi IV Kendal-Kaliwungu sepanjang 13,5 km; dan seksi V Kaliwungu-Krapyak sepanjang 10,9 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya