SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLO – DPRD Kota Solo mengagendakan rapat Badan Musyawarah (Bamus) digelar pada Senin (1/10/2012). Rapat tersebut digelar guna mengagendakan rapat paripurna pengunduran diri Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi), yang menjadi Gubernur DKI.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Rapat Bamus diagendakan DPRD Solo menyikapi sikap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta yang menentukan tanggal penetapan hasil Pilkada DKI pada Sabtu (29/9/2012). “Setelah ada penetapan hasil dan Jokowi dinyatakan menang, maka yang bersangkutan mengirim surat ke DPRD Solo berisi permohonan berhenti dari jabatannya. Bamus kemudian menindaklanjuti dengan menentukan rapat pelaksanaan paripurna,” kata Wakil Ketua DPRD Solo, M Rodhi.

Terkait pelaksanaan rapat paripurna membahas pengunduran diri Jokowi dari jabatannya, Rodhi menuturkan kemungkinan rapat digelar secepat-cepatnya pada Selasa (2/10/2012). Dengan catatan, surat pengajuan pengunduran diri sudah diterima DPRD.

Diterangkannya, dalam aturan undang-undang tidak ada ketentuan jumlah minimal persetujuan anggota DPRD terkait permohonan Jokowi berhenti dari jabatannya. “Hanya saja mengacu pada PP No 16/2010 tentang Panduan Pembuatan Tata Tertib DPRD ayat 1 Huruf A disebutkan pemberhentian walikota disetujui minimal 2/3 dari ¾ anggota DPRD,” ujarnya.

Dia berharap proses persetujuan pengunduran diri tidak mengalami hambatan. “Mudah-mudahan tidak terganjal. Kalau bisa dipermudah kenapa harus dipersulit,” ungkap politisi dari PKS tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Solo, Supriyanto, menjelaskan sikap DPRD sejauh ini masih menunggu surat pengajuan pengunduran diri dari Jokowi yang dilampiri hasil penetapan dari KPU Jakarta. “Kalau benar penetapannya Sabtu (29/9/2012), maka Senin (1/10/2012) saya harap permohonan berhenti dari tugas sudah masuk ke DPRD untuk bisa segera ditindaklanjuti,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya