SOLOPOS.COM - Jokowi di CFD Solo (Foto: Dokumentasi)

Jokowi di CFD Solo (Foto: Dokumentasi)

SOLO–Walikota Solo, Jokowi titip pesan kepada warga Solo untuk mendukung duo pemimpin baru nanti. Jokowi optimistis FX Hadi Rudyatmo (Rudy) bisa bekerja lebih baik darinya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

”Kami sudah lama berdua, saya tahu beliau. Pak Rudy juga orang lapangan, sama seperti saya. Saya yakin Pak Rudy bisa lebih baik,” tandasnya, kepada wartawan Minggu (30/9/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Solo segera membentuk tim khusus guna menyikapi kekosongan posisi wakil walikota (wawali) setelah Rudy menjadi walikota menggantikan Jokowi. Tidak hanya bekerja sendiri, tim khusus tersebut bisa berkoordinasi dengan partai lain guna menentukan calon wawali.

Hal itu disampaikan Ketua DPD PAN Solo, Umar Hasyim, Minggu (30/9), seusai rapat kerja daerah (rakerda) PAN Solo digelar di Hotel Solo Inn. “Rekomendasinya termasuk itu. Menyikapi calon wawali yang akan diusulkan,” terangnya.

Dikatakannya, tim akan menjalin komunikasi terkait calon wawali dengan partai, organisasi masyarakat, LSM, serta sejulah elemen lain di Kota Solo. Umar mengungkapkan tim terdiri sekitar lima orang.

“Meyakinkan secara internal termasuk ke fraksi. Memberikan rekomendasi kepada fraksi terkait penjaringan calo wawali. Itu tugas dari tim ini,” ungkapnya.

Terkait kriteria calon yang diusulkan PAN, Umar menyebutkan calon tersebut berasal dari umat muslim, punya komitmen, serta bisa bekerja sama dengan walikota.

Umar menjelaskan berdasarkan hasil rekomendasi sosok wawali bisa dari partai maupun nonpartai. Hanya saja, jika nantinya dari hasil penjaringan tim calon yang diusulkan berasal dari PAN, hasil rekomendasi menyebutkan calon tersebut harus mundur dari PAN.

Disinggung sosok yang sudah mulai dilirik PAN untuk dijadikan calon wawali, Umar enggan menyebutkan nama. Sebelumnya, Umar pernah menuturkan calon yang diusulkan menjadi wawali yakni Ahmad Purnomo, salah satu tokoh Yayasan Solo Bersama Selamanya.

“Nanti tim akan menginventarisasi calon wawali. Nama yang sebelumnya pernah saya sebut bisa saja masuk. Tetapi itu tergantung dari pembahasan tim,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya