Jokowi Minta Bupati Awasi Pembelajaran Tatap Muka

Berkaca dari pengalaman negara lain, kasus Covid-19 kembali meningkat saat PTM kembali digelar.

 Presiden Joko Widodo (YouTube Setpres)

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (YouTube Setpres)

Solopos.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para bupati segera memenuhi target vaksinasi dan mengawasi pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Langkah itu untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Presiden menyampaikan hal itu saat membuka Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Expo 2021 yang disiarkan langsung di akun Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (20/10/2021).

PromosiPencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

“Kemarin [Selasa (19/10/2021)] saya mendapatkan informasi kita sudah menyuntikkan 171 juta dosis ke rakyat kita dan target kita nanti sampai di akhir Desember minimal 270 juta dosis. Masih banyak sekali dalam dua bulan lebih ini yang harus kita lakukan, utamanya yang berkaitan dengan vaksin,” ucap Presiden seperti dikutip Detik.com.

Baca Juga: Mi Seblak Ada di Tambongwetan Klaten, Rasa Kencurnya Menggugah Selera

Pada kesempatan itu Presiden juga meminta para bupati mengawasi PTM terbatas yang kini telah dilaksanakan di berbagai daerah. Berkaca dari pengalaman negara lain, kasus Covid-19 kembali meningkat saat PTM kembali digelar.

“Perlu saya ingatkan karena ini sudah hampir semua sekolah mulai pembelajaran tatap muka. Kontrol lapangan harus terus dilakukan. Betul-betul cek betul kesiapan sekolah dalam menerapkan protokol kesehatan,” imbuh Presiden.

Sebab, lanjut dia, mengelola anak-anak, terutama anak SD, bukan hal yang mudah. Sudah ada yang terpapar lagi. Semua daerah diharapkan meningkatkan kewaspadaa. Kasus di beberapa negara mulai merangkak naik lagi setelah PTM Digelar.

Baca Juga: Boyolali Genjot Vaksinasi Pelajar, Berharap PTM Digelar Penuh

Presiden menginstruksikan para Apkasi menyiapkan rumah sakit (RS) dan obat untuk penanganan pasien Covid-19. Daerah tak boleh lengah, meski saat ini kasus Covid-19 di Indonesia menurun.

“Juga cek juga kesiapan obat, kesiapan rumah sakit, meskipun saya tahu BOR-nya [bed occupancy ratio atau keritisian tempat tidur] sekarang sudah rendah. Kita harus mulai mengaktifkan ekonomi dan selalu siaga menghadapi semua yang tidak pasti. Dunia global sekarang ini betul-betul penuh dengan keragu-raguan, penuh dengan ketidakpastian, penuh dengan kompleksitas masalah yang sebelumnya tidak pernah terjadi,” ujar Presiden.

 

Protokol Kesehatan

Presiden mengapresiasi inisiatif Apkasi menyelenggarakan ekspo untuk menggerakkan perekonomian daerah. Namun Jokowi meminta agar para bupati tetap mewaspadai dan disiplin protokol kesehatan.

Baca Juga: DLH Boyolali Dorong Penanganan Sampah Rampung di RT

“Saya setuju perdagangan, turisme, investasi harus mulai digerakkan jangan terlambat, tetapi dengan catatan kesehatan tetap nomor satu. Perekonomian perlu diaktifkan dengan tetap waspada terhadap masalah kesehatan, disiplin potokol dan juga vaksinasi yang juga harus cepat dilanjutkan,” ulas Presiden.

Dia juga meminta bupati fokus meningkatkan keunggulan produk komoditas masing-masing dan tidak perlu ikut-ikutan mengembangkan produk komoditas tertentu. Selain itu perlu meningkatkan perdagangan dan ekspor. Perdagangan antardaerah antarpulau harus terus dikembangkan.

Setiap daerah sebaiknya fokus pada produk unggulannya jangan semuanya dikerjakan, sehingga nanti ke depan bisa saling menopang. “Kita ini kan senangnya latah, karet ramai semua menanam karet, sawit ramai, semua menanam sawit, sawit ambruk semuanya juga ambruk, karet harganya jatuh semua juga ikut jatuh, jangan seperti itu. setiap daerah perlu fokus pada produk unggulannya,” tutur Presiden.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Hantu KKN Rumah Kosong Klaten Ternyata Mbah-Mbah

Wujud hantu dalam kisah KKN di Rumah Kosong Klaten adalah mbah-mbah.

Bikin Deg-degan, Damkar Wonogiri Tangkap Ular Sanca di Permukiman Warga

Petugas Damkar Wonogiri membantu warga mengevakuasi ular sanca jenis Pythonidae yang masuk ke pekarangan rumah warga di Pokoh Kidul, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri pada Kamis (19/5/2022).

Kenapa Jalan Solo-Boyolali Kerap Terjadi Kecelakaan?

Kira-kira kenapa jalan di Solo-Boyolali kerap terjadi kecelakaan, bahkan ada korban yang meninggal dunia?

Bupati Karanganyar: Pilih Pengurus PGRI yang Rajin!

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, meminta Konferensi Kerja tahun ke-2 Kabupaten (Konkerkab) Karanganyar PGRI untuk memilih pengurus yang rajin.

Disdik Kota Solo Izinkan Kantin Sekolah Dibuka, Tapi Ada Syaratnya

Dinas Pendidikan Kota Solo, Jawa Tengah tidak melarang kantin sekolah membuka usahanya selama pembelajaran Tatap Muka (PTM) saat ini.

KPU Sukoharjo Bocorkan Cara Memelihara Data Pemilih, Begini Lo...

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, menyampaikan beberapa cara memutakhirkan atau memperbarui Daftar Pemilih Tetap (DPT), salah satunya untuk mempersiapkan Pemilu 2024.

Simak! Inilah Daftar SMK Negeri di Kabupaten Boyolali

Berikut daftar SMK Negeri yang tersebar di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Pemkab Wonogiri Berniat Hentikan PTM Terbatas, Lo... Kenapa?

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri berniat menghentikan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).

Catat Gaes, Ini Daftar Lengkap SMA Negeri di Boyolali

Inilah daftar SMA Negeri di Kabupaten Boyolali.

Terbaru! Laka Kereta Kelinci di Andong Boyolali, Begini Kondisi Sopir

Sopir kereta kelinci yang terlibat kecelakaan maut di wilayah Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Rabu (11/5/2022) belum dapat dimintai keterangan karena masih sakit.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik di Sukoharjo Hari Ini

Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Sukoharjo, Jawa Tengah, pada hari ini, Jumat, 20 Mei 2022.

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini (20/5/2022): Siang-Malam bakal Hujan

Berikut ini tersaji prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini Jumat 20 Mei 2022 secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini (20/5/2022): Potensi Hujan Sore-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa  disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Siang Panas, Sore Hujan Deras

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 20 Mei 2022 disajikan secara lengkap dalam artikel ini.