SOLOPOS.COM - Kahiyang Ayu. (Istimewa/Instagram/@ayanggkahiyang)

Jokowi mantu, prosesi siraman calon mempelai Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution dilakukan terpisah.

Solopos.com, SOLO — Putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, rampung menjalani prosesi siraman, Selasa (7/11/2017).
Prosesi siraman yang dilakukan tertutup disebut berlangsung sakral dan mengharukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Presiden Jokowi dan ibu negara Iriana dan Kahiyang menangis haru saat prosesi sungkeman berlangsung di kediaman mereka di Jl. Kutai Utara, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo. “Tadi Bapak Jokowi dan Ibu Iriana terharu mungkin karena akan ditinggal putri satu-satunya,” kata jemaah pengajian Latifa Solo, Ita Budi Suharto kepada .

Ekspedisi Mudik 2024

Istri mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Solo ini  menceritakan prosesi siraman berlangsung sakral dan mengharukan. Saat prosesi sungkeman ke kedua orang tua, Kahiyang terlihat meneteskan air mata.

Tak hanya Kahiyang, dia menuturkan Jokowi dan Iriana juga terlihat menangis. “Saat sungkeman Mbak Ayang [Kahiyang] dan orang tuanya sempat menangis. Bapak dan ibu biasa lah memberi pesan-pesan ke mbak Ayang,” ujarnya.

Seusai sungkeman, prosesi siraman dilakukan. Siraman dilakukan oleh sesepuh dan pinisepuh, di antaranya ibunda Jokowi Sujiatmi Notomihardjo, Elisabeth Endang Rudyatmo, Ibu Danarsih Dullah, Ibu Setyawan Prasetyo, Ibu Widodo Prasetyo, Ibu Anik Hari Milyantono, Ibu Didit Supriyadi, Ibu Idayati Hari Mulyono, Ibu Dr. Idong Setyo Husodo. Prosesi siraman ditutup oleh Jokowi dan Iriana

Masing-masing orang menyirami kahiyang dari ujung kepala hingga kaki. Setelah itu memecahkan pemecahan kendi sebagai tanda wanita sudah siap menikah atau pecah pamor.

Prosesi siraman ditutup dengan ritual potong rikma atau potong rambut Kahiyang oleh ayah dan ibunya untuk kemudian ditanam di pekarangan rumah.

Sebagaimana diketahui air siraman yang digunakan diambil dari tujuh sumber mata air. Air kemudian dicampur dalam wadah bokor tanah liat, sebagian air dipindah ke bokor kecil untuk prosesi siraman calon mempelai pria, Muhammad Bobby Afif Nasution di Hotel Alila Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya