SOLOPOS.COM - Jokowi

Jokowi

JAKARTA–Jalan Jokowi menuju kursi presiden tampaknya mulai terbuka. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengisyaratkan tak nyapres dengan mendorong regenerasi di internal partai. Jika Megawati benar tak jadi maju, bisa jadi PDIP akan mencapreskan Jokowi.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

“Proses hidup itu ada dinamika, ada tumbuh kembang, jadi regenerasi itu sebuah keniscayaan,” kata Ketua DPP PDIP, Effendi Simbolon, mengawali perbincangan mengenai regenerasi di PDIP, Selasa (28/5/2013).

Effendi mengatakan PDIP memang melakukan regenerasi di internal partai. Tokoh-tokoh muda banyak dimajukan di pencalegan dan pilkada. Megawati juga disebutnya terus mendorong kader-kader muda di PDIP untuk berani maju.

“Energi orang muda kan lebih besar,” ujarnya.

Regenerasi ini bisa juga berlanjut di Pilpres 2014. Tokoh muda PDIP yang potensial bisa dimajukan sebagai capres, tentunya dengan syarat ada restu dari Megawati.

“Hasil kongres, kami mengamanatkan ketua umum untuk memutuskan masalah pencapresan,” tuturnya.

Mengenai sosok Jokowi, tokoh muda PDIP yang kerap memuncaki berbagai survei capres, Effendi mengatakan bisa saja dimajukan oleh PDIP pada Pilpres 2014 mendatang. Namun itu tadi, hal itu hanya bisa terwujud dengan restu Megawati.

“Berdasarkan perkembangan Jokowi, bisa saja menjadi pertimbangan Bu Megawati,” kata pria yang juga Wakil Ketua Komisi VII DPR ini.

Effendi mengatakan Jokowi saat ini memang sedang menjadi fenomena politik. Diskusi mengenai tingginya elektabilitas Jokowi di survei juga kencang di internal PDIP.

“Kita tidak membahas (Jokowi –red) secara formal, tapi pastilah dalam benak semua politisi memikirkan realita begitu tingginya nilai rating Jokowi sekarang,” tuturnya.

“Tapi apakah itu menjadi bagian dari keputusan ketua umum, kita tunggu,” pungkasnya.

Simak berita terkait : http://digital.solopos.com/file/28052013/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya