SOLOPOS.COM - Joko Widodo (Jokowi). (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Joko Widodo (Jokowi). (Dok/JIBI/SOLOPOS)

JAKARTA–Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), Rabu (15/5/2013) melantik Walikota Jakarta Selatan yang baru, Syamsuddin Noor. Seperti pelantikan walikota sebelumnya, Jokowi melantik Syamsuddin di tengah-tengah warga.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Jokowi tidak melakukan pelantikan Syamsuddin di dalam ruangan yang formal. Agar dekat dengan warga Jakarta Selatan, orang nomor satu di DKI itu melantik Syamsuddin di perkampungan Budaya Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan.

Jokowi tiba di Setu Babakan, Jagakarsa, Jaksel, sekitar pukul 08.00 WIB, Rabu (15/5/2013). Sang Gubernur yang tampak mengenakan setelan jas warna hitam ditemani oleh istri, Iriana Widodo yang tampak mengenakan baju kebaya ‘encim’ warna putih.

Tak lama setelah Jokowi tiba, gerimis sempat membasahi lokasi Setu Babakan. Namun ini hanya sebentar. Setelah reda, Jokowi pun segera keluar dari pendopo dan acara pelantikan pun dilanjutkan.

Syamsudin Noor dilantik persis di pinggir danau Setu Babakan. Tampak sebuah panggung berukuruan 6 meter x 3 meter berwarna merah berdiri di pinggir danau. Pelantikan ini disaksikan langsung oleh Ketua DPRD DKI, Ferriyal Sofyan, Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan tentunya warga sekitar.

“Apakah saudara bersedia untuk diangkat sumpah?,” tanya Jokowi sebelum melantik.

“Bersedia,” tegas Syamsudin Noor.

“Untuk diketahui, pengambilan sumpah ini disaksikan oleh Allah SWT Yang Maha Mengetahui,” terang Jokowi.

Untuk diketahui, ini adalah pelantikan yang kedua kalinya dilaksanakan oleh Jokowi di luar kebiasaan, yaitu di tengah-tengah pemukiman warga. Sebelumnya, Krisdianto dilantik Jokowi di bekas tempat pembuangan sampah di Kampung Pulo Jahe, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya