Jokowi didampingi Sri Mulyani dan Retno Marsudi bertemu dengan menteri Arab Saudi (BPMI Setpres)

Solopos.com, JAKARTA -- Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno tidak hadir dalam penetapan Joko Widodo (Jokowi) - Maruf Amin sebagai calon presiden-calon wakil presiden terpilih di KPU, Minggu (30/6/2019) sore. Nasib wacana pertemuan Jokowi dan Prabowo pun menjadi pertanyaan.

Seusai acara penetapannya sebagai capres terpilih Gedung KPU, Jokowi menggelar konferensi pers. Salah satu pertanyaan yang dilontarkan para awak media adalah soal kapan dia bertemu dengan Prabowo. Jokowi tak menyebutkan tanggal, namun menyarankan agar pertanyaan itu disampaikan kepada Prabowo.

"Kapan ketemu Pak Prabowo? Tanyakan ke Pak Prabowo Kapan ketemu Pak Jokowi," jawab Jokowi.

Selain soal wacana pertemuan dengan Prabowo, Jokowi juga ditanya soal kemungkinan parpol-parpol pengusung Prabowo-Sandiaga bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi-Maruf. Dia mengaku butuh waktu untuk membicarakannya lebih dulu dengan parpol-parpol anggota koalisi.

"Saya perlu waktu, karena saya juga perlu bicara dengan yang sudah ada di dalam, Koalisi Indonesia Kerja. Tapi seperti yang sudah saya sampaikan, kita terbuka untuk siapapun bersama-sama membajukan negara ini, bersama-sama membangun negara ini," jelas Jokowi.

Tapi secara umum, Jokowi meyakini rivalnya dalam pemilihan presiden lalu, Prabowo-Sandiaga akan menjadi rekannya untuk membangun Indonesia menjadi negara yang maju, adil, dan makmur ke depannya.

"Saya yakin beliau berdua adalah patriot yang menginginkan negara kita makin kuat, makin maju, dan makin adil makmur," tambahnya.

Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 98/PL.01.8-Kpt/06/KPU/V/2019 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD, dan DPRD Kabupaten/Kota secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 serta memperhatikan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 01/PHPU-PRES/XVII/2019 tanggal 27 Juni 2019, KPU menetapkan pasangan calon nomor urut 01 Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai pasangan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024.

Pasangan calon nomor urut 01 ini mendapatkan perolehan suara sebanyak 85.607.362 suara atau 55,5 persen dari total suara sah nasional.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten