SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SLAWI —Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan keyakinan bisa membagikan 60.000 sertifikat tanah di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah pada tahun 2019 mendatang. Janji itu dikemukakan Presiden Jokowi di depan 3.000 penerima sertifikat di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Jumat (9/11/2018).

Jokowi mengatakan pemerintah, dalam hal ini Badan Pertanahan Nasional (BPN), telah menyelesaikan sekitar 45.000 sertifikasi tanah di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah pada tahun 2018 ini. “Sebanyak 3.000 sertifikat sudah diterima. Tahun ini akan diberikan totalnya 45.000 sertifikat. Tahun depan targetnya 60.000 sertifikat harua diberikan di Tegal dan akan kita rampungkan tahun 2023,” katanya di GOR Indoor Trisanja Slawi, Jumat (9/11/2018).

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Dia mengaku sering mendengar ada keluhan dari masyarakat terkait sengketa lahan sehingga upaya pemerintah untuk mempercepat pembagian sertifikat menjadi krusial. Jokowi mencatat Indonesia masih ada 80 juta bidang tanah yang belum bersertifikat dan hal tersebut rawan memicu sengketa lahan.

Untuk itu, Jokowi mengklaim telah menginstruksikan kepada kepala BPN untuk mempercepat pembagian sertifikat. Jika biasanya dalam setahun hanya mampu menyelesaikan sekitar 500.000 sertifikat, Jokowi menjelaskan pemerintah mampu membagi 5 juta sertifikat pada tahun 2017 lalu.

“Alhamdulillah akhir tahun selesai [5 juta]. Tahun ini 7 juta sertifikat harus keluar dari BPN. Tahun depan 9 juta sertifikat harua keluar supaya masyarakat memegang tanda bukti hak hukum atas tanah yang dimiliki,” tekannya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya