Jokowi Instruksikan Pemda dan TPID Kerja Sama Tekan Laju Inflasi

Identifikasi itu dibarengi dengan pengecekan oleh tim pengendalian inflasi terkait ketersediaan pasokan pangan di masing-masing daerah agar bisa disambungkan dan memenuhi satu sama lain.

 Presiden Jokowi saat kunjungan ke Kalimantan Barat meminta Kapolri mengusut tuntas kasus Brigadir J, Selasa (9/8/2022). (Youtube Sekretariat Presiden)

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi saat kunjungan ke Kalimantan Barat meminta Kapolri mengusut tuntas kasus Brigadir J, Selasa (9/8/2022). (Youtube Sekretariat Presiden)

Solopos.com, JAKARTA–Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar seluruh pemerintah daerah (Pemda) kabupaten/kota maupun provinsi untuk bekerja sama dengan Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPID) dan daerah (TPID) guna menekan laju inflasi.

“Saya ingin bupati, wali kota, gubernur, betul-betul mau bekerja sama dengan TPID di daerah dan tim pengendalian inflasi di pusat,” kata Presiden Jokowi saat memberi arahan dalam pembukaan Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi 2022 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Arahan itu khususnya disampaikan Presiden Jokowi untuk mengatasi laju inflasi yang disebabkan kelompok pangan.

Presiden Jokowi meminta agar setiap pemda bisa mengidentifikasi harga-harga komoditas pangan apa saja yang tinggi di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga: Inflasi Terkendali, Pemerintah Terus Jaga Daya Beli Masyarakat

Identifikasi itu dibarengi dengan pengecekan oleh tim pengendalian inflasi terkait ketersediaan pasokan pangan di masing-masing daerah agar bisa disambungkan dan memenuhi satu sama lain.

Menurut laporan Gubernur BI Perry Waluyo inflasi di Indonesia berada di angka 4,94% pada Juli 2022 terutama disebabkan inflasi komoditas pangan yang bergejolak mencapai 11,47%.

Presiden Jokowi meyakini bahwa apabila sinergi dan kerja sama antara pemda dengan TPID-TPIP bisa dilaksanakan dengan baik dapat kembali menekan laju inflasi di bawah 3%.

“Saya meyakini kalau kerja sama yang tadi saya sampaikan, provinsi, kabupaten, kota, gubernur, bupati, wali kota, TPID-TPID, TPIP, semuanya bekerja. Rampung. Selesai. Untuk mengembalikan lagi ke angka di bawah 3. Selesai. Wong kita barangnya juga ada kok,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Mahal, Apa Dampaknya terhadap Inflasi?

Untuk itu Presiden Jokowi juga telah memerintahkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengeluarkan regulasi agar pemda dapat menggunakan pos anggaran belanja tidak terduga dalam APBD masing-masing diperuntukkan menutup biaya transportasi komoditas pangan yang diketahui menjadi masalah.

Selain itu, Presiden Jokowi juga memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi guna menanggulangi keluhan tingginya harga tiket pesawat, yang diperlukan dalam hal kargo pengangkutan komoditas antardaerah.

Presiden juga telah memberi arahan kepada Garuda melalui Menteri BUMN Erick Thohir untuk menambah armada pesawat mereka agar bisa membantu menormalkan kembali harga tiket pesawat.

Di sisi lain, Presiden mengingatkan bahwa setiap kepala daerah harus memahami betul situasi inflasi di wilayah kerjanya.

“Nanti saya ke daerah saya tanya, jangan sampai gelagapan enggak ngerti posisi inflasinya berada di angka berapa,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden menyebutkan lima daerah dengan laju inflasi tertinggi saat ini yakni Jambi sebesar 8,55%, Sumatera Barat 8,01%, Bangka Belitung 7,77%, Riau 7,04%, dan Aceh 6,97%.

Kelima daerah tersebut masuk dalam 30 daerah yang menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang tingkat inflasinya berada di atas inflasi nasional 4,94% pada Juli 2022.

Sumber: Antara

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Satgas Investasi Cabut 2.078 IUP Tidak Produktif, 733 Perusahaan Keberatan

      Satgas Percepatan Investasi serta Satgas Penataan Penggunaan Lahan dan Penataan Investasi telah mencabut 2.078 izin usaha pertambangan (IUP).

      Jual Migor Murah, Pengusaha Ritel Tagih Rp300 Miliar ke Pemerintah

      Aprindo diberi tugas oleh pemerintah untuk menjual minyak goreng senilai Rp14.000 per liter, meski harga keekonomian minyak goreng sekitar Rp16.000-Rp20.000 per liter.

      Harga Pangan di Pasar Legi Stabil, Empat Komoditas di Pasar Nusukan Turun Harga

      Pantauan di Pasar Legi dan Nusukan Solo, ada sejumlah komoditas pangan yang mengalami fluktuasi harga.

      Wujudkan Ekonomi Indonesia Lebih Kuat, Telkom Genjot Pemenuhan Talenta Digital

      PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memiliki tanggung jawab untuk mendukung digitalisasi di Indonesia melalui penyediaan infrastruktur, platform, dan layanan digital.

      Kasusnya Lagi Viral, Siapin Modal Segini Buat Buka Franchise Esteh Indonesia

      Kasusnya lagi viral di media sosial, ternyata kamu perlu menyiapkan modal segini untuk buka usaha franchise Esteh Indonesia.

      Adu Vokal dan Dance Semarakkan Korean Wave di Sleman City Hall 

      Hari ketiga Korean Wave di Sleman City Hall (SCH) berlangsung semakin seru, Sabtu (24/9/2022).

      Jalan Sunyi Handojo Santosa Sebagai Konglomerat

      Menyandang status sebagai konglomerat, Handojo Santosa memiliki berbagai kemewahan untuk menjadi orang besar, terkemuka dan berkuasa. Namun, wajahnya tergolong jarang tampil di hadapan media massa. Ia memilih jalan sunyi sebagai pemimpin yang melayani.

      SGS 2022 Beri Sensasi Keseruan Belanja Virtual 3D

      VR SGS sendiri hadir dengan konsep Kota Solo, lengkap dengan expo tenant dan suasana transaksi sungguhan di Pasar Gede.

      Masa Penawaran ORI022 Dibuka Mulai Rp1 Juta, Bunga 5,95 Persen

      Masa penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI022 mulai Rp1 juta dibuka, Senin (26/9/2022) hari ini dengan bunga 5,95 persen.

      Tegaskan Tak Ada Perubahan Daya, PLN Evaluasi Uji Coba Kompor Listrik di 2 Kota

      Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT PLN (Persero) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik.

      Awal Pekan Stagnan! Cek Harga Emas Pegadaian, Senin 26 September 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Senin (26/9/2022) hari ini terpantau stagnan untuk cetakan UBS dan Antam.

      SGS 2022 Digelar saat Low Season Hotel dan Restoran, Ini Alasannya

      Tahun ini event Solo Great Sale (SGS) telah dimulai pada Minggu (25/9/2022) dan akan berakhir pada 30 Oktober 2022 nanti.

      SGS 2022 Disebut Mampu Dongkrak Okupansi Hotel di Solo Hingga 20 Persen

      Pelaksanaan SGS 2022 juga dapat mendongkrak okupansi hingga di atas 70%.

      Pergerakan IHSG Hari Ini Diprediksi Menguat, Simak Saham-Saham Berikut

      Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Senin (26/9/2022) hari ini.

      Freeport Indonesia Buka 4 Lowongan Kerja, Penempatan di Jatim

      Empat posisi yang ditawarkan Freeport Indonesia nantinya ditempatkan di Jatim.