Jokowi Ingin Pindahkan Ibu Kota RI, Ini Kata Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Bisnis-Regi Yanuar)

Solopos.com, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan pembangunan di DKI Jakarta tidak akan terhambat akibat adanya rencana pemindahan ibu kota. Anies menuturkan pembangunan di DKI Jakarta bagaimanapun akan tetap dilanjutkan untuk mengatasi permasalahan yang ada selama ini.

"Kita semua berkomitmen bahwa rencana Pemprov untuk melakukan pembangunan masif itu tetap akan dijalankan. Mengapa? Karena kebutuhan tentang air, kebutuhan tentang transportasi, pengelolaan lingkungan hidup itu selalu menjadi kebutuhan dan itu akan diselesaikan," kata Anies, Senin (29/4/2019).

Lebih lanjut, wacana pemindahan ibu kota pun masih dalam aspek pemerintahan. Karena itu, kata Anies, DKI Jakarta tidak akan kehilangan signifikansinya sebagai pusat perekonomian.

"Pak Presiden tadi menggarisbawahi ini baru fase pembahsan, belum sampai fase keputusan, tadi dibahas soal itu," imbuhnya.

Anies pun enggan mengambil sikap ketika ditanya apakah pihaknya keberatan apabila memang ibu kota akan dipindah ke luar DKI Jakarta. Pasalnya, hal tersebut merupakan keputusan pemerintah pusat serta DPR.

Anies menuturkan wacana perpindahan ibu kota dari Jakarta ke wilayah luar Jawa merupakan wacana yang sudah bergulir sejak pemerintahan sebelumnya. "Sudah pernah beberapa kali, Bung Karno pernah, kemudian Pak Harto pernah, SBY juga pernah," ujarnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho