Jokowi: Inflasi 4,94 Persen Akibat Alokasi Subsidi

Presiden menjelaskan bahwa Pemerintah memberikan subsidi energi senilai Rp502 triliun untuk menahan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang berpotensi meningkatkan laju inflasi.

 Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (tengah) berbincang dengan peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/8/2022). Dalam Rakornas tersebut Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memperkirakan inflasi bisa berisiko lebih tinggi dari batas atas sasaran 3 persen, plus minus 1 persen hingga akhir tahun yang disebabkan oleh masih tingginya harga pangan dan energi global, gangguan cuaca, serta kesenjangan pasokan antarwaktu dan antardaerah. (Solopos.com/Antara)

SOLOPOS.COM - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (tengah) berbincang dengan peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/8/2022). Dalam Rakornas tersebut Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memperkirakan inflasi bisa berisiko lebih tinggi dari batas atas sasaran 3 persen, plus minus 1 persen hingga akhir tahun yang disebabkan oleh masih tingginya harga pangan dan energi global, gangguan cuaca, serta kesenjangan pasokan antarwaktu dan antardaerah. (Solopos.com/Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan inflasi pada Juli 2022 masih tertahan di level 4,94% karena masih didukung alokasi subsidi yang diberikan pemerintah.

“Angka inflasi di 4,94% tadi masih didukung dengan ketidaknaikan, tidak naiknya harga BBM kita, Pertalite, Pertamax, solar, elpiji, listrik, itu bukan harga sebenarnya, bukan harga keekonomian itu, harga yang disubsidi pemerintah,” ujar Jokowi pada pembukaan Rakornas Pengendalian Inflasi 2022 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Presiden menjelaskan bahwa Pemerintah memberikan subsidi energi senilai Rp502 triliun untuk menahan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang berpotensi meningkatkan laju inflasi.

Sebelumnya, Presiden juga menyinggung bahwa secara keekonomian, harga Pertalite seharusnya sudah mencapai Rp17.100 per liter.

Namun, di tengah kenaikan harga minyak mentah dunia, pemerintah masih mempertahankan harga Pertalite Rp7.650 per liter.

Di sisi lain, Presiden khawatir APBN tidak selalu kuat untuk mengalokasikan subsidi demi menjaga laju inflasi.

“Harga yang disubsidi pemerintah yang besarnya subsidinya Rp502 triliun, angkanya gede sekali. Ini yang harus kita tahu untuk menahan agar inflasi tidak tinggi, tapi apakah terus menerus APBN akan kuat,” kata Presiden.

Dalam sambutannya, Presiden juga menekankan bahwa tingkat inflasi Indonesia masih lebih terjaga dibandingkan negara-negara lain, seperti Amerika Serikat yang mencapai 8,5%, Uni Eropa sebesar 8,9%, bahkan Turki sudah mencapai 79,6%.

 

Sumber: Antara

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Manis Gula Olahan, Racun Badan dari Minuman Ringan

      Manis Gula Olahan, Racun Badan dari Minuman Ringan

      Sejumlah produk minuman ringan hanya mencantumkan tambahan gula olahan dalam ukuran sendok makan, yang terkadang diabaikan karena dianggap sedikit, sehingga berpotensi menjadi racun badan di masa depan.

      Berita Terkini

      Satgas Investasi Cabut 2.078 IUP Tidak Produktif, 733 Perusahaan Keberatan

      Satgas Percepatan Investasi serta Satgas Penataan Penggunaan Lahan dan Penataan Investasi telah mencabut 2.078 izin usaha pertambangan (IUP).

      Jual Migor Murah, Pengusaha Ritel Tagih Rp300 Miliar ke Pemerintah

      Aprindo diberi tugas oleh pemerintah untuk menjual minyak goreng senilai Rp14.000 per liter, meski harga keekonomian minyak goreng sekitar Rp16.000-Rp20.000 per liter.

      Harga Pangan di Pasar Legi Stabil, Empat Komoditas di Pasar Nusukan Turun Harga

      Pantauan di Pasar Legi dan Nusukan Solo, ada sejumlah komoditas pangan yang mengalami fluktuasi harga.

      Wujudkan Ekonomi Indonesia Lebih Kuat, Telkom Genjot Pemenuhan Talenta Digital

      PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memiliki tanggung jawab untuk mendukung digitalisasi di Indonesia melalui penyediaan infrastruktur, platform, dan layanan digital.

      Kasusnya Lagi Viral, Siapin Modal Segini Buat Buka Franchise Esteh Indonesia

      Kasusnya lagi viral di media sosial, ternyata kamu perlu menyiapkan modal segini untuk buka usaha franchise Esteh Indonesia.

      Adu Vokal dan Dance Semarakkan Korean Wave di Sleman City Hall 

      Hari ketiga Korean Wave di Sleman City Hall (SCH) berlangsung semakin seru, Sabtu (24/9/2022).

      Jalan Sunyi Handojo Santosa Sebagai Konglomerat

      Menyandang status sebagai konglomerat, Handojo Santosa memiliki berbagai kemewahan untuk menjadi orang besar, terkemuka dan berkuasa. Namun, wajahnya tergolong jarang tampil di hadapan media massa. Ia memilih jalan sunyi sebagai pemimpin yang melayani.

      SGS 2022 Beri Sensasi Keseruan Belanja Virtual 3D

      VR SGS sendiri hadir dengan konsep Kota Solo, lengkap dengan expo tenant dan suasana transaksi sungguhan di Pasar Gede.

      Masa Penawaran ORI022 Dibuka Mulai Rp1 Juta, Bunga 5,95 Persen

      Masa penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI022 mulai Rp1 juta dibuka, Senin (26/9/2022) hari ini dengan bunga 5,95 persen.

      Tegaskan Tak Ada Perubahan Daya, PLN Evaluasi Uji Coba Kompor Listrik di 2 Kota

      Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT PLN (Persero) mendukung arahan Presiden terkait peralihan LPG 3 kg ke kompor listrik.

      Awal Pekan Stagnan! Cek Harga Emas Pegadaian, Senin 26 September 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Senin (26/9/2022) hari ini terpantau stagnan untuk cetakan UBS dan Antam.

      SGS 2022 Digelar saat Low Season Hotel dan Restoran, Ini Alasannya

      Tahun ini event Solo Great Sale (SGS) telah dimulai pada Minggu (25/9/2022) dan akan berakhir pada 30 Oktober 2022 nanti.

      SGS 2022 Disebut Mampu Dongkrak Okupansi Hotel di Solo Hingga 20 Persen

      Pelaksanaan SGS 2022 juga dapat mendongkrak okupansi hingga di atas 70%.

      Pergerakan IHSG Hari Ini Diprediksi Menguat, Simak Saham-Saham Berikut

      Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Senin (26/9/2022) hari ini.

      Freeport Indonesia Buka 4 Lowongan Kerja, Penempatan di Jatim

      Empat posisi yang ditawarkan Freeport Indonesia nantinya ditempatkan di Jatim.