Mobil Esemka di pabriknya, PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). (Bisnis - Chamdan Purwoko)

Solopos.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi mobil pikap Esemka alias Esemka Bima sebagai merk lokal dari Solo yang baru saja diluncurkan, bakal laku keras. Dia menilai harga Rp95 juta cukup kompetitif untuk pasar mobil pikap.

Presiden Jokowi bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjajal mobil pikap Esemka dengan nama Bima di fasilitas produksi di PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), Boyolali, Jumat (6/9/2019). Ini merupakan kali pertama mobil produksi PT SMK dipamerkan kepada publik.

Mobil yang dijajal berkapasitas 1.200 cc dengan harga Rp95 juta. Jokowi mengaku sudah melihat fasilitas perakitan, penyelesaian, pengerjaan mesin. Menurut Jokowi, kualitas dari produk pertama Esemka ini sudah cukup baik.

“Saya melihat harga kompetitif, saya tanya harganya Rp95 juta off the road. Feeling saya laku keras,” kata Jokowi seperti dikutip dari keterangan tertulis yang dirilis di laman Sekretariat Kabinet.

Salah satu hal penting yang menjadi keunggulan Esemka, kata Jokowi, adalah Esemka merupakan merk dan principal dari Indonesia. Esemka, menurut Jokowi, merupakan perusahaan yang harus berani berkompetisi.

Mobil Esemka ini telah muncul sejak Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Solo. Mobil ini kemudian identik dengan Jokowi setelah dirinya melakukan road show ke Jakarta pada 2012 lalu. Skala produksi mobil ini masih relatif jauh lebih kecil dibandingkan dengan mobil merk lain yang diproduksi di Indonesia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten