SOLOPOS.COM - CEO Apple Tim Cook (tengah) memeberikan keterangan pers didampingi Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) dan Menkominfo Budi Arie Setiadi (kanan) seusai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/4/2024). (JIBI/Akbar Evandio)

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Indonesia tidak hanya menjadi pasar bagi perusahaan teknologi asing, tetapi ikut menjadi pemainnya.

Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi seusai mendampingi presiden menemui CEO Apple Tim Cook, Rabu (17/4/2024) di Jakarta.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Presiden Jokowi meminta agar Indonesia bisa masuk ke dalam global supply chain (rantai pasok global) teknologi, termasuk dengan Apple. Dengan demikian, Indonesia bukan hanya sekadar berkontribusi terhadap pasar Apple. “Presiden [Jokowi] sampaikan supaya Apple meningkatkan peran Indonesia dalam global supply chain dan Apple menyambut baik,” kata Budi saat ditemui di Kementerian Kominfo, Rabu (17/4/2024).

Terlebih, ungkap Budi, data Kementerian Perindustrian menunjukkan bahwa dalam setahun, Indonesia telah mengimpor USD2 miliar atau sekitar Rp32,49 triliun (asumsi kurs Rp16.248 per dolar AS) dari Apple. Budi menuturkan bahwa Indonesia telah mengimpor 2,8 juta smartphone pada 2023, di mana mayoritas impor tersebut berupa Apple, yaitu sebanyak 85%. “Jadi, Indonesia tidak sekadar pasar tapi bagian dari global suply chain,” tambahnya.

Di samping itu, lanjut Budi, Presiden Jokowi juga berharap dalam pertemuan ini bisa memberikan optimisme bahwa Indonesia bisa dilihat dunia. “Presiden juga menyampaikan Asean ini pasar besar, 600 juta di mana 45% di indonesia, termasuk GDP, pasar RI ini dan juga ASEAN ini penting industri untuk melakukan investasi dan pasar yang menjanjikan,” tambahnya.

Sementara itu, dari Jakarta Tim Cook dijadwalkan bertandang ke Bali dengan agenda meresmikan Apple Developer Academy yang baru di pulau Dewata tersebut.

“Kami membuka Akademi Pengembang ke-4 yang baru saja kami umumkan kemarin, Akademi ini akan diadakan di Bali. Kami sangat gembira karena ketiganya telah meluluskan ribuan orang dan mampu membuat aplikasi untuk toko aplikasi yang tidak hanya menarik di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Jadi kami sangat bersemangat,” pungkas Cook.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Bertemu Tim Cook, Jokowi Minta Indonesia Jangan Cuma jadi Pasar Apple”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya