SOLOPOS.COM - Koleksi kaset Joko Widodo (Foto: JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo B)

Sebagian koleksi kaset Joko Widodo (Foto: JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo B)

SOLO—Saking sukanya dengan music rock, Jokowi tak hanya menyimpan koleksi kaos band-band music cadas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia juga menyimpan kaset-kaset lawas dari grup rock berbagai generasi. Tak jarang saat berkendara menggunakan mobil dinas saat masih menjadi walikota Solo, dia memutar kaset-kaset lawas itu. Kaset yang sudah rusak juga tetap dia simpan.

“Tolong ambilkan kaset-kaset saya di mobil (mobil dinas),” perintah Jokowi kepada ajudannya ketika diwawancara Solopos.com, Sabtu sore pada September tahun lalu.

Sebagian besar band-band rock mancanegara disukai Jokowi. Di antara sederet band itu ada beberapa grup band rock yang diidolakannya.

Led Zeppelin

Grup band rock dari Inggris. Dibentuk September 1968. Sebagaimana dikutip berbagai sumber, grup ini terdiri atas Jimmy Page (gitar), Robert Plant (vocal utama, harmonika), John Bonham (drum) dan John Paul Jones (bas, keyboard, mandolin). Musik Led Zeppelin menonjolkan suara gitar keras dan berat. Grup ini dinilai sebagai salah satu band heavy metal pertama. Albumnya terjual lebih dari 300 juta keeping. Starway to Heaven menjadi lagu legendaries Led Zeppelin. Bubar pada tahun 1980, pascameninggalknya John Bonham.

Metallica

Metallica beraliran heavy metal, thrash metal, speed metal dan hard rock. Grup asal Los Angeles, Amerika Serikat ini berdiri tahun 1981. Semula bernama The Young of Metal Attack. Beberapa bulan kemudian menjadi Metallica. Dikutip dari berbagai sumber, semula Metallica digawangi Lars Ulrich (drum), James Hetfield (vokal dan gitar), Lloyd Grant (gitar) dan Ron Mc Govney (bas).

Dalam perjalanannya, grup ini mengalami bongkar pasang personel. Saat ini, Metallica beranggotakan Lars Ulrich (drum), James Hetfield (vokal dan gitar), Kirk Hammett (gitar), Robert Tryjillo (bas). Agustus 2008, Metallica meluncurkan album studio mereka ke sembilan Death Magnetic. Hingga kini band tersebut masih eksis.

Lamb of God

Lebih banyak mengusung genre groove metal. Lamb of God juga dikenal dengan aliran new wave of American heavy metal. Lamb of God dibentuk tahun 1990 di Virginia, Amerika Serikat. Semula bernama Burn the Priest. Formasi mereka terdiri atas Randy Blythe (vokal), Mark Morton (gitar), Willie Adler (gitar), Jauh Campbell (bas), Chris Adler (drum).

Sebagaimana ditulis berbagai sumber, enam album telah ditelurkan. Selain itu juga satu album live dan tiga DVD. Penjualan rata-rata album mereka sekitar 2 juta keping di wilayah Amerika. Tahun 2007, meraih penghargaan Grammy Award kategori Best Metal Performance. Pernah tampil di Indonesia pada 2009. (Bersambung)

BACA:

Jokowi Gubernur Ngerock (I): Salam Tiga Jari Bang Joko

Jokowi Gubernur Ngerock (II): Tak Mau Foto Berambut Gondrong Diekspose

Jokowi Gubernur Ngerock (III): Nonton Konser, Jokowi Bisa Headbang Sepuasnya

Jokowi Gubernur Ngerock (IV): Ngefans Lirik Starway To Heaven

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya