SOLOPOS.COM - Joko Widodo (Dok. SOLOPOS)

Joko Widodo (Dok. SOLOPOS)

Solo (Solopos.com)–Panitia Pekan Syawalan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) mengusulkan Walikota Solo, Joko Widodo sebagai pemeran utama perhelatan budaya akbar setahun sekali itu, yakni sebagai Joko Tingkir.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Panitia menilai, Jokowi saat ini bukan saja seorang Walikota secara pemerintahan, namun juga telah menjadi ikon dan simbol pemimpin Kota Solo secara kebudayaan di kancah Nasional.

“Saat ini kami tengah menjaring aspirasi dari pengunjung TSTJ tentang pemeran utama Joko Tingkir. Salah satunya ialah memunculkan nama Pak Jokowi,” kata Panitia Pekan Syawalan TSTJ bagian Promosi, Yohana Trini Utari kepada Espos di ruang kerjanya, Minggu (10/7/2011).

Selain memunculkan nama Jokowi, panitia juga mengusulkan Paundra Karna Jiwo Suryonagoro, Putra Mahkota Pura Mangkunegara sebagai pemeran tokoh Joko Tingkir.

Kedua tokoh itu, katanya, tengah diusulkan kepada pengunjung TSTJ dengan harapan bisa sebagai ajang serap aspirasi warga Solo dan sekitarnya. “Kami hanya mengusulkan melalui usulan pengunjung. Nantinya, usulan itu akan kami ajukan kepada yang yang bersangkutan,” paparnya.

Trini berkeyakinan bahwa momen kebangkitan TSTJ harus diawali dengan melakukan langkah-langkah pembaruan. Dengan mengusulkan Jokowi sebagai pemeran utama Joko Tingkir, pihaknya optimistis bahwa acara Pekan Syawalan tersebut akan memiliki makna mendalam dibanding acara sebelumnya.

“Ini sekaligus juga akan menjadi kado buat Pak Jokowi. Dulu kan, Pak Jokowi pernah mengusulkan akan menunggang gajah Djati yang diringi gajah Manohara dalam festival Nusantara,” terangnya.

Terpisah, Direktur Utama TSTJ, Lilik Kristianto menjelaskan, usulan nama Jokowi sebagai pemeran Joko Tingkir adalah dalam rangka mengangkat TSTJ di kancah Nasional.

Di sisi lain, hal itu juga sebagai momen untuk kebangkitan TSTJ. “Kami rapat dan ada sekian masukan. Salah satunya mengusulkan Pak Jokowi sebagai pemeran utama Joko Tingkir,” paparnya.

(asa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya