Jokowi Disebut Presiden Kedua yang Datang ke Baubau, Pertama Soeharto pada 1990

Presiden Joko Wiidodo disebut-sebut sebagai presiden kedua yang pernah menginjakkan kaki ke Kota Baubau Sulawesi Tenggara.

Selasa, 27 September 2022 - 14:17 WIB Penulis: Newswire Editor: Sri Sumi Handayani | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi berjat tangan dengan kerabat Keraton Kesultanan Buton seusai upacara pemberian gelar kehormatan, Selasa (27/9/2022). (Istimewa/Biro Pers Setpres/Laily Rachev)

Solopos.com, BAUBAU — Presiden Joko Widodo disebut-sebut sebagai presiden kedua yang pernah menginjakkan kaki ke Kota Baubau Sulawesi Tenggara.

Sebelum Presiden Jokowi ada Presiden Soeharto yang pernah berkunjung ke Kota Baubau. Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Baubau, La Ode Darusalam.

“Sangat bangga dikunjungi orang nomor satu di Indonesia karena terakhir dikunjungi pada tahun 1990 oleh Presiden Soeharto waktu itu. Jadi sudah 32 tahun yang lalu,” katanya, Senin (26/9/2022).

Oleh karena itu, dia menyampaikan kedatangan Presiden Joko Widodo beserta rombongan di daerah Kepulauan Buton itu menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan bagi masyarakat di daerah yang mempunyai julukan Negeri Seribu Benteng.

“Pemerintah Kota Baubau dalam hal ini Wali Kota Baubau, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua DPRD, Sekda dan seluruh masyarakat Kota Baubau sangat bangga, sangat mendapatkan kehormatan yang sangat luar biasa dengan kehadiran Bapak Presiden Republik Indonesia,” ujar dia.

Baca Juga : Kunjungan Kerja Kota Baubau: Ribuan Warga Rela Berdesakan Demi Lihat Presiden

Dia mengatakan mendapat informasi pada Jumat (23/9/2022) bahwa Presiden Jokowi akan mengunjungi Kota Baubau. Oleh karena itu semua pihak melakukan segala persiapan mulai rapat internal pemerintah kota di bawah pimpinan Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse.

Selanjutnya, rapat bersama DPRD dan rapat koordinasi wilayah pada Minggu (25/9/2022) malam bersama seluruh pemangku kepentingan. “Iya ini baru kali pertama [Presiden Joko Widodo ke Baubau]. Jelas ini menjadi rahmat, kebanggaan masyarakat di Kota Baubau yang dihadiri oleh presiden. Walaupun tanpa persiapan, informasinya begitu cepat,” tuturnya.

Ia menyebut rangkaian kunjungan Presiden ke Baubau pada Selasa (27/9/2022). Presiden menerima anugerah gelar adat dan budaya dengan gelar La Ode Joko Widodo Lakina Bhawaangi Yi Nusantara dari Sultan Buton ke-40.

Kemudian Presiden berkunjung ke Pasar Tradisional Wameo. Presiden menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada warga penerima di Kantor PT Pos Indonesia Cabang Baubau.

“Setelah itu beliau [Presiden Jokowi] ke Pasar Wajo Kabupaten Buton, baru kembali ke Baubau untuk makan siang di Rumah Makan Lakeba. Setelah itu baru ke Buton Selatan,” jelasnya.

Baca Juga : Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi 1

Presiden bersama rombongan mendarat di Bandara Betoambari Baubau sekitar pukul 16.30 WITA. Presiden disambut Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse.

Penyambutan warga terhadap orang nomor satu di Tanah Air ini dilakukan anak-anak hingga orang dewasa. Warga di kota tersebut rela berdiri berpanas-panasan demi ingin melihat orang nomor satu di negeri ini mengunjungi daerah yang memiliki benteng terpanjang di dunia itu.

Salah seorang warga Baubau, Apri, 37, mengaku sangat senang dengan kehadiran Joko Widodo. “Saya senang, bangga dan terharu karena Bapak Presiden datang di kota kami mungkin untuk melihat dari dekat sekaligus adanya agenda kegiatan,” ujarnya.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif
HEADLINE news Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin: Jaksa Penerima Suap Langsung Dipidana! 4 jam yang lalu

HEADLINE news Datangi Pengungsi, Rizky Billar dan Lesty Kejora Doakan Korban Gempa Cianjur 6 jam yang lalu

HEADLINE news 5 Pengungsi Korban Gempa Cianjur Alami Gangguan Jiwa 6 jam yang lalu

HEADLINE news Cerita Ndan Bhabin Soal Kesederhanaan Ayahnya yang Polisi Berpangkat Rendah 7 jam yang lalu

HEADLINE news Pak Ndan Bhabin Hadir di Podcast Deddy Corbuzier, Warganet Banjiri Pujian 8 jam yang lalu

HEADLINE news Pemerintah Terbitkan SE Kepala Daerah agar Bantu Korban Gempa Cianjur 9 jam yang lalu

HEADLINE news Gempa Cianjur Melemah, Korban Meninggal Tercatat 327 Jiwa 10 jam yang lalu

HEADLINE news Innalillahi, Bocah Kakak Beradik di Pamekasan Tenggelam di Sungai 10 jam yang lalu

HEADLINE news Ferdy Sambo Menyesal Banyak Polisi Jadi Korban Kebohongannya 11 jam yang lalu

HEADLINE news Satu Lagi Korban Helikopter Jatuh Ditemukan, Copilot Briptu M Lasminto 12 jam yang lalu

HEADLINE news Sambo Vs Kabareskrim, Ismail Bolong Menghilang Bak Ditelan Bumi 13 jam yang lalu

HEADLINE news Veronica, Istri Yudo Margono Ternyata Seorang Perwira Polri Berpangkat AKBP 13 jam yang lalu

HEADLINE news Ferdy Sambo: Kabareskrim Sudah Diperiksa dan Dilaporkan Terlibat Tambang Ilegal 14 jam yang lalu

HEADLINE news Gibran Cuit Tambang Ilegal Ngeri, Menteri ESDM Langsung Kirim Tim ke Klaten 14 jam yang lalu

HEADLINE news DPR Bantah Kabar BUMN Danai Proposal Rp100 Miliar untuk Acara Nusantara Bersatu 15 jam yang lalu