SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggalangan dukungan bagi Jokowi sebagai calon presiden di Solo terbilang dominan dilakukan. Tak heran jika Kota Bengawan kini menjadi salah satu alternatif kota tempat deklarasi pencapresan Jokowi. (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Indonesian Police Watch (IPW) menganggap aksi penyadapan terhadap Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dilakukan oleh pelaku untuk memantau gerakan Jokowi sebagai calon presiden (capres) menjelang Pilpres 2014.

Menurut Ketua Presidium IPW, Neta S. Pane, hal tersebut dikarenakan isu pencalonan Jokowi sebagai presiden telah lama bergulir setelah Jokowi menjabat menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Alat penyadap tersebar di seluruh penjuru rumah, bahkan hingga ke kamar timur. Jika penyadapan ini bertujuan untuk memantau pergerakan Jokowi sebagai capres, tentu arahnya sudah jelas, yakni hendak mematahkan langkah-langkah Jokowi di Pilpres 2014,” jelas Neta dalam keterangan tertulisnya, Jum’at (21/2/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Dia juga menilai aksi penyadapan yang dilakukan terhadap Jokowi merupakan kejahatan tingkat tinggi. Karena penyadapan dilakukan terhadap Gubernur DKI Jakarta yang notabene simbol negara dan simbol pemerintah daerah.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Sekjen PDIP, Tjahjo Kumolo, mengungkapkan penemuan tiga alat penyadap di rumah dinas Jokowi. Alat sadap tersebut ditemukan di ruang tidur, ruang makan, dan ruang tamu pribadinya. Alat sadap tersebut ditemukan pada Desember 2013. Pemasang alat disadap dideteksi adalah warga negara Indonesia dan warga negara asing.

Hingga saat ini, Jokowi belum melaporkan penyadapan yang dilakukan terhadap dirinya kepada kepolisian. Meskipun begitu, polisi menyatakan telah siap menangani kasus penyadapan apabila diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya