SOLOPOS.COM - Jl Satrio (Foto: JIBI/Bisnis)

Jl Satrio (Foto: JIBI/Bisnis)

JAKARTA–Jokowi, Gubernur DKI Jakarta terpilih berdasarkan perhitungan sementara, diharapkan mendukung ide menjadikan Jalan Satrio menjadi pusat komersial dan seni budaya utama di Jakarta, layaknya Jalan Orchard, Singapura.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ciputra, Pendiri Grup Ciputra mengatakan sudah mengonsep pengembangan Ciputra World Jakarta sejak 20 tahun lalu. Menurutnya, Jakarta membutuhkan shopping street yang terdiri dari gedung-gedung komersial dan seni budaya agar menjadi daya tarik turis.

Dia menuturkan kota-kota terkenal di dunia pasti memiliki shopping street seperti Tokyo dengan Ginza, Paris dengan Champs-Elysees, dan Singapura dengan Orchard Road.

“Ide menjadikan Jalan Satrio seperti Orchard Road saat ini diterima oleh Gubernur DKI saat dijabat Sutiyoso, dan kembali disambut Pak Fauzi Bowo bahkan dengan membangun elevated road [jalan layang nontol] sehingga impian kita akan terwujud. Kami sangat berharap Jokowi dan Ahok meneruskan cita-cita ini,” ujar Ciputra, Rabu (26/9/2012).

Artadinata Djangkar, Director and Corporate Secretary PT Ciputra Property Tbk, mengatakan ide menjadikan koridor Satrio menjadi sabuk wisata seperti Orchard Road, Singapura tersebut sudah diimplementasikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam rancang bangun pada 2007/2008.

“Ide tersebut sudah dijabarkan dalam peraturan rancang bangun beberapa tahun lalu, seingat saya 2007/2008.”

Pada bangunan baru ada, lanjut Artadinata, aturan seperti jalan pedestrian dibuat lebih lebar dan jalan samping menjadi akses masuknya mobil sehingga tidak mengganggu jalan pedestrian dan menimbulkan kemacetan. “Shopping street ini harus mengutaman masyarakat umum,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya