SOLOPOS.COM - Gitar Robert Trujillo yang diberikan kepada Jokowi (dok/JIBI/Bisnis)

Gitar Robert Trujillo yang diberikan kepada Jokowi (dok/JIBI/Bisnis)

JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang melakukan verifikasi atas laporan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo terkait kado gitar bass Ibanez dari bassis Metallica Robert Trujillo yang diterimanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Juru Bicara KPK Johan Budi mengatakan pihaknya menghargai sikap Jokowi sebagai penyelenggara negara yang melaporkan pemberian kado istimewa itu.

“KPK saat ini sedang melakukan proses verifikasi pada gitar itu, apakah ada conflict of interest atau tidak, jika ada maka diambil negara, jika tidak ada maka dikembalikan lagi ke Jokowi,” ujar Johan, Selasa (7/5/2013).
Kemarin, Jokowi melaporkan kado istimewa berupa gitar kepada KPK untuk dinilai apakah termasuk gratifikasi atau tidak. Jokowi menilai gitar tersebut tidak termasuk gratifikasi, karena sama halnya souvenir dari negara lain.
Pemberian gitar tidak berkaitan dengan rencana konser Metallica di Jakarta. Jika konser nantinya bagus dan lancar tentu akan dilancarkan perizinannya.
Sebelumnya Jokowi menerima kado gitar bass Trujillo melalui kawan lamanya Jonathan Liu. Jonathan menemui Trujillo di Amerika dan berencana mengundang Metallica ke Indonesia untuk konser di Bali. Namun, Jokowi menawarkan untuk bisa dilaksanakan di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya