SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Solopos/JIBI/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA--Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) diajak memanjat Monumen Nasional (Monas) oleh pemanjat difabel Sabar Gorky.

“Kalau beliau mau ya saya siap, nanti kita pakai dua tali, Bapak di samping saya kalau Bapak capek tinggal saya tarik, nanti aman kok pakai full body harness jadi Bapak tinggal berdiri saja,” kata Sabar Gorky usai bertemu Jokowi di Balai Kota untuk meminta izin pendakian Monas, Jumat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menanggapi ajakan itu, Jokowi mengatakan akan memikirkannya terlebih dahulu.

“Itu kan manjatnya lain, kalau dulu waktu masih muda mungkin saya masih bisa, tapi lihat dulu aja nanti,” katanya.

Sabar berencana memanjat Monas pada 8 Desember 2013 setelah sebelumnya pernah memanjat gedung apartemen Solo Paragon setinggi 96 meter atau 25 lantai pada 2009. Pada 2012, dia juga pernah mendaki di Bercy, Paris.

“Tujuan saya melakukan pendakian ini adalah memberi semangat bagi orang-orang yang memiliki tubuh sempurna agar tidak patah semangat, kalau bagi yang difabel sih tidak perlu disemangati karena kalau mereka mau mereka pasti bisa hebat,” katanya.

Saat ditanya alasan Sabar memilih Monas, dia menilainya salah satu ikon Nasional yang bersejarah.

“Selain Monas saya juga pernah memanjat Tugu Selamat Datang di Bundaran HI, Jakarta pada 2011,” kata pemanjat yang memulai memanjat sejak 1994 itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya