Kategori: Nasional

Jokowi dan Keluarga Dijadwalkan Salat Iduladha di Istana Bogor


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga akan melaksanakan salat Iduladha 1441 Hijriah di Istana Bogor, Jawa Barat. Tidak ada persiapan khusus terkait pelaksanaan ibadah tersebut.

“Tidak ada persiapan khusus juga. Salatnya juga intern. Dilaksanakan di Bogor dengan keluarga,” kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, kepada wartawan, Kamis (30/7/2020).

Pada Iduladha kali ini, Jokowi membagikan hewan kurban ke seluruh wilayah Indonesia. Setiap provinsi mendapatkan satu ekor sapi seberat 800 kilogram hingga 1 ton. “Kemarin minggu lalu saya juga sudah vicon [video conference] ke Pak Gubernur untuk disalurkan,” kata Heru.

Wow, Jokowi Kurban Sapi Seberat 1 Ton ke Masjid Istiqlal

Penyerahan hewan kurban telah berlangsung sejak awal pekan ini. Pada Kamis (30/7/2020) ini, Jokowi menyerahkan hewan kurban secara simbolis yang diwakili oleh Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi, ke Masjid Istiqlal, Jakarta.

"Saya secara khusus menyerahkan kepada Bapak Imam Besar untuk hewan kurban ini disembelih dan dibagikan dagingnya kepada mereka yang berhak," kata Menag dalam keterangan resmi, Kamis.

Pada Iduladha tahun ini yang diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19, Menag berpesan agar daging hewan kurban dibagikan sebanyak-banyaknya kepada fakir miskin dan yang membutuhkan.

Bangun Fondasi Cakar Ayam, 5 Pekerja di Kemuning Karanganyar Tertimbun Tanah Longsor

Kementerian Agama telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 18 Tahun 2020. SE itu tentang penyelenggaran salat Iduladha dan penyembelihan hewan kurban 1441 Hijriah/2020 menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19.

Menag mengimbau, dalam merayakan Iduladha masyarakat agar tetap melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan.

“Pada prinsipnya, salat sudah dapat dilakukan di lapangan atau masjid. Kecuali di daerah tertentu yang tidak diperbolehkan oleh pemerintah daerah atau satuan tugas penanganan Covid-19 setempat karena alasan tidak aman Covid-19,” ujarnya.

Asyik, Museum Kereta Api Ambarawa Kembali Dibuka

Share
Dipublikasikan oleh
Haryono Wahyudiyanto