SOLOPOS.COM - Calon presiden PDI Perjuangan Joko Widodo di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta. (Dwi Prasetyo/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Mantan wali kota Solo yang kini dicalonkan sebagai presiden oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Joko Widodo alias Jokowi dikabarkan telah mengantongi lima nama calon wakil presiden (cawapres). Nama-nama itu rencananya akan diumumkan pekan.

Siapakah mereka? Jokowi yang kini juga Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan ketua umum partainya, Megawati Soekarnoputri, sudah memberikan mandat langsung kepadanya untuk menentukan cawapres. “Saya sudah diberi mandat penuh untuk menentukan cawapres. Safari itu untuk penjajakan,” katanya di hotel Bidakara Jakarta Selatan, Minggu (13/4/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana dikutip laman aneka berita Kabar24.com, safari parpol yang dilakukan Jokowi, Sabtu (12/4/2014), juga diakuinya menjadi bagian penjajakan untuk bekerja sama dengan parpol dan mencari cawapres. Menurutnya, tahap penentuan cawapres saat ini tidak lagi masuk kriteria, tetapi sudah masuk dalam taraf figur. Di antaranya berlatar belakang militer, pengusaha, musisi, serta partai politik. “Sekarang sudah tidak masuk kriteria, Minggu ini sudah figur,” ujarnya.

Dia mengatakan dari skala umur, kelima calonnya lebih banyak yang muda. “Lebih muda lebih banyak dikit.”

Lebih lanjut, Kabar24.com dan Solopos.com menghimpun pelbagai referensi demi mengupas kelima figur yang kemungkinan mendampingi Jokowi dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 yang pemungutan suaranya dijadwalkan 9 Juli 2014 mendatang. Berikut ini beberapa nama yang sempat disebut-sebut sebagai bakal cawapres buat Jokowi.

Jusuf Kalla
Mantan wakil presiden dan mantan Ketua Partai Golkar yang kini Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Muhammad Jusuf Kalla disebut sebagai kandidat cawapres paling pas untuk Jokowi. Pendapat itu bukan hanya didasari hasil survei beberapa lembaga konsultan politik, tetapi langkah para elite politik juga mengarah pimpinan kelompok usaha Kalla Group ini.

Moh. Mahfud MD
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD juga memiliki elektabilitas yang cukup seandainya mendampingi Jokowi. Selain sebagai tokoh yang berpengalaman di institusi kenegaraan, Mahfud MD dianggap mewakili kalangan Nahdlatul Ulama.

Puan Maharani
Meski tidak terlalu tinggi dari sisi elektabilitas, Puan Maharani dianggap akan mewakili trah Soekarno di pemerintahan seandainya Jokowi memenangkan Pilpres.

Ryamizard Ryacudu
Mantan KSAD tiba-tiba muncul namanya belakangan ini menjadi tokoh dari militer yang dianggap pas untuk mendampingi Jokowi sebagai Cawapres. Setelah sempat tidak terdengar namanya, menantu dari mantan Wapres Try Sutrisno ini tiba-tiba muncul di peredaran menjelang pemungutan suara pemilihan caleg Pemilu 2014.

Muhaimin Iskandar
Menyusul hasil mengagetkan dari Pemilu Legislatif 2014, di mana Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masuk dalam jajaran lima besar partai politik peraih suara terbanyak versi quick count, nama Ketua Umum PKB inipun mulai disebut-sebut sebagai kandidat cawapres.

Akbar Tanjung
Kabar burung tidak solidnya suara di Partai Golkar untuk mendukung Aburizal Bakrie sebagai capres di Pilpres 2014 membuat nama Akbar Tanjung muncul lagi. Dia disebut pantas mendampingi Jokowi untuk membentuk pemerintahan yang kuat dengan basic dukunga dari PDIP dan sebagian Partai Golkar

Hatta Rajasa
Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini sebenarnya menjadi salah satu kandidat cawapres yang bakal banyak dilirik oleh capres yang akan berlaga di Pilpres 2014. Meski tidak besar, suara PAN cukup berarti untuk menambah suara. Selain itu, Hatta dianggap mewakili kalangan Islam, memiliki lobi politik yang bagus, pengalaman panjang di kabinet.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya