SOLOPOS.COM - Mantan Wali Kota Solo sekaligus Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) sungkem kepada ibunya, Sujiatmi Notomiharjo di kediaman ibunya di Jl. Pleret Raya, Sumber, Banjarsari, Solo. (JIBI/Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO--Sebungkus nasi goreng di malam hari. Inilah kebiasaan Joko Widodo (Jokowi) saat masih menghuni Rumah Dinas Wali Kota, Loji Gandrung. Jalu Purwanto, 51, seorang staf rumah tangga Loji Gandrung, kadang tergopoh-gopoh saat diminta Jokowi membeli makanan khas Indonesia itu. Dengan berjalan kaki, ia menuju sebuah warung yang berada di kawasan Stadion Sriwedari.

“Favoritnya Pak Jokowi memang di situ. Ya beli nasi goreng biasa, yang Rp10.000-an,” ujar Jalu saat berbincang dengan solopos.com di Rumah Dinas Wakil Wali Kota, belum lama ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tujuh tahun melayani Jokowi sebagai staf rumah tangga, Jalu menyebut hampir tak ada masalah seputar makanan. Lelaki asal Tumenggungan ini mengatakan selera Jokowi tak berbeda seperti rakyat biasa. Ketika bosan dengan sajian di Loji Gandrung, Jokowi bakal meminta stafnya membeli makanan di warung terdekat.

“Kalau tidak nasi goreng ya bakmi godhog atau bestik. Beliau kalau soal makanan enggak susah,” tutur Jalu, yang menjadi staf Loji Gandrung sejak era Slamet Suryanto.

Sambil menyantap makanan, Jokowi biasa bersantai di serambi belakang rumah dinas. Pemandangan berbagai tanaman hias dan kicauan burung membuat Jokowi betah berlama-lama di ruang tersebut. Jalu mengatakan ada sejumlah bonsai yang menjadi klangenan Jokowi di saat luang.

“Bonsainya ditaruh di pot batu besar. Sebagian dibawa Bapak setelah menjadi Gubernur,” kata lelaki yang kini menjadi staf di Rumah Dinas Wakil Wali Kota.

Dengan kesibukannya sebagai Wali Kota, Jalu mengakui Jokowi sangat jarang berada di Loji selain malam hari. Namun, ia terkenang ketika calon presiden itu tetap meluangkan waktu untuk ngobrol bersama staf lain. “Ya sekadar tanya rumah atau keluarga. Pak Jokowi juga tidak pernah marah. Paling hanya mrengut kalau ruangannya kotor,” ujarnya sambil tersenyum.

Kesan mendalam juga dirasakan staf rumah tangga lain, Tunjung. Meski hanya setahun bersama Jokowi di Loji Gandrung, ia melihat Jokowi sebagai sosok yang tidak membeda-bedakan. “Cocoklah untuk pemimpin. Istri dan anak-anaknya juga baik,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya