SOLOPOS.COM - Calon presiden PDIP yang juga Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (kiri) bersama calon presiden PKB yang juga penyanyi dangdut Rhoma Irama melakukan latihan menyanyi di panggung utama Jakarta Night Festival di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (31/12/2013). (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Solopos.com, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dikenal sebagai capres terkuat saat ini. Menurut Jokowi, banyaknya media asing atau internasional menyorot sepak terjang dirinya kemungkinan karena wajahnya.

“Yah kelihatannya wajah saya, kok gubernur wajahnya kayak gini, harusnya kan harus seperti ini,” ujar Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Rabu (29/1/2014).

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Menurut dia, dirinya tidak tahu mengenai alasan terkait gencarnya media asing yang memberitakan sepak terjangnya selama ini. “Yah saya enggak tahu, yah biasa saja, tidak ada tanggapan. Saya tidak tahu mereka datang sendiri-sendiri ke sini meliput,” kata dia.

Ia bercerita beberapa media asing yang menanyakan dirinya terkait dua program unggulan, yaitu Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Kartu Jakarta Sehat (KJS). Saat wartawan asing itu bertanya mengenai kesehatan, kartu, dan rumah sakit, Jokowi pun menyuruh mereka bertanya langsung ke warga. Dengan bertanya ke warga, kata Jokowi, media asing akan diperoleh komentar mereka dalam program KJS dan KJP.

Saat dirinya bertemu Menteri Luar Negeri Inggris, William Hague, Jokowi berdiskusi terkait transparansi anggaran untuk mengurangi korupsi di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. “Mengenai transparansi untuk mengurangi korupsi itu seperti apa, ya saya sampaikan kita sudah melakukan e-procurement, online tax, e-budgeting, e-audit, dan e-purchasing,” kata dia.

Untuk penanganan kemacetan dan banjir di Ibu Kota, Jokowi menyampaikan pihaknya sudah membangun mass rapid transportation (MRT), monorel, serta penambahan armada Transjakarta. “Untuk banjir, saya sampaikan kalau waduk dan sungai sudah dikeruk,” ujar dia.

Sebelumnya, BBC Inggris menyoroti banjir Jakarta maupun langkah-langkah Jokowi untuk menanggulanginya. Adapun media Jerman Suddeutsche.de memberitakan sosok Jokowi yang anti-korupsi dengan menyerahkan gitar pemberian dari personel grup band Metallica kepada KPK.

Mantan Wali Kota Solo itu juga disorot oleh media Amerika Serikat The New York Times karena aksi blusukannya dalam rangka manajemen lapangan maupun pengawasan program yang dijalankan. Media itu pun juga melaporkan kesuksesan Jokowi menata pasar tekstil terbesar di kawasan Asia Tenggara, Pasar Tanah Abang, serta normalisasi Waduk Pluit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya