SOLOPOS.COM - Mantan Wali Kota Solo yang kini Gubernur DKI Jakarta nonaktif karena mencalonkan diri sebagai presiden Joko Widodo mengenakan peci Gus Dur yang dihadiahkan Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid. (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JOMBANG — Calon presiden poros politik yang digagas PDI Perjuangan Joko Widodo alias Jokowi mengunjungi makam leluhur K.H. Abdurahman Wahid (Gus Dur), Kiai Bisri Syamsuri, di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (28/6/2024).

Kiai Bisri adalah kakek dari ibu Gus Dur dan merupakan pendiri Pondok Pesantre Mamba’ul Ma’arif, serta merupakan salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Selain berziarah, Jokowi juga sempat melihat sebuah kamar yang merupakan lokasi lahirnya Gus Dur yang ada di salah satu rumah dalam komplek pesantren tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Gus Dur sampai remaja di sini. Kamarnya dibongkar sekarang. Dulu pas masih presiden suka nginap di sini,” kata salah satu orang dalam di pesantren tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Jokowi menilai sosok Gus Dur adalah seorang bapak bangsa yang memiliki pemikiran jauh ke depan, tokoh yang sukses baik di keagamaan maupun di pemerintahan. “Beliau itu pemikirannya meloncat ke depan. Bapak bangsa kita, bapak pluralis,” ujar Jokowi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya