SOLOPOS.COM - Mantan Wali Kota Solo sekaligus Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) sungkem kepada ibunya, Sujiatmi Notomiharjo di kediaman ibunya di Jl. Pleret Raya, Sumber, Banjarsari, Solo. (JIBI/Solopos/dok)

Solopos.com, KARANGANYAR-– Calon Presiden nomor urut dua, Joko Widodo berziarah menyambangi makam almarhum ayah dan kerabatnya di Dusun Mundu, Desa Kaliyoso, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (14/6/2014).

Berdasarkan pantauan solopos.com, Jokowi  sapaan akrabnya dengan menggunakan pakaian kotak-kotak bersama rombongannya tiba di tempat peristirahatan terakhir almarhum ayahnya, Noto Miharjo sekitar pukul 16.00 WIB. Sebelum memasuki makam alamarhum ayahnya calon presiden dari koalisi rakyat ini disambut puluhan warga yang telah menunggu kedatangannya. Mereka berebut menyalami suami dari Iriana, sebelum masuk ke dalam makam bergabung dengan sang ibu, Sujiatmi yang telah menunggu kedatangannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sesampainya di makam almarhum ayahnya, Jokowi bersama ibu dan kerabat lainnya langsung menggelar doa di depan makam. Seusai melakukan ziarah ke makam ayahnya, mantan Walikota Solo ini langsung bergegas menuju ke Solo. Tak ada sepatah kata pun diucapkan selain hanya membalas sapaan dan menyalami warga Kalioso yang berada di sekitar makam.

Ekspedisi Mudik 2024

Ibunda Jokowi, Sujiatmi ditemui seusai melakukan ziarah bersama putranya menyatakan ziarah ini merupakan tradisi tahunan jelang datangnya ramadan atau bulan ruwah alias nyadran. Tak hanya ke makam sang ayah, Jokowi juga berziarah ke makam kerabat lain yang masih dalam satu komplek makam. Sementara menghadapi pemilu presiden mendatang, Sujiatmi mengaku selalu mendoakan putranya tersebut agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjalani kegiatan kampanye.

“Kunjungan biasa jelang bulan puasa. Ya mendoakan ayah dan kerabat lainnya kakek, bude agar diberi ampunan dari yang maha kuasa,” ujarnya.

Ditanya mengenai persiapan menghadapi Pemilu Presiden nanti, Sujiatmi mengatakan selalu mendoakan Jokowi dalam menghadapi Pemilu Presiden. Dirinya mengatakan tak pernah lupa dalam setiap bait doa salat tahajud tiap malam supaya diberi kemudahan dan kelancaran dalam kegiatan kampanyenya. Sujiatmi juga mengatakan menghadapi debat calon presiden mendatang, dirinya pun telah menyiapkan doa khusus agar putranya tersebut dapat menghadapi acara debat dengan tenang. Namun disinggung mengenai doa yang akan diberikan, Sujiatmi tidak mau berkomentar banyak.

Sementara Jokowi dan rombongan sendiri langsung bertolak ke taman budaya Solo untuk menemui para pendukungnya. Salah satu warga, Hastuti mengaku senang bisa berjabat tangan langsung dengan Jokowi. Dia mengatakan Jokowi merupakan sosok calon presiden yang merakyat dan sederhana. “Kami berharap Pak Jokowi bisa menjadi Presiden,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya