SOLOPOS.COM - Segenap alumni SMA Negeri 6 Solo angkatan 1980 hingga 2013 melakukan deklarasi mendukung Jokowi untuk menjadi Presiden Indonesia di Taman Balekambang, manahan, Solo, Sabtu (24/5/2014). SMA Negeri 6 merupakan tempat Jokowi bersekolah . (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Solopos,com, SOLO— Dukungan kepada capres baik Jokowi maupun Prabowo terus mengalir. Di Solo dukungan kepada Jokowi capres PDIP mengalir dari berbagai pihak. Salah satunya alumni SMAN 6 Solo. SMAN 6 Solo merupakan almamater Jokowi.

Bersama beberapa temannya, Mahmud Nurwindu duduk di salah satu sisi terater terbuka Taman Balekambang, Sabtu (24/5). Dia mengenakan kaos putih bergambar klise wajah Joko Widodo (Jokowi). Namun tangannya juga menggenggam kaos berwarna hitam. Mahmud tampak sedang asik berbincang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sabtu (25/5/2014) kemarin, ratusan alumni SMAN 6 Solo memang sedang mengadakan acara di Taman Balekambang. Acara yang ditujukan untuk salah satu rekannya yang sama-sama lulusan SMAN 6 Solo, yang saat ini maju sebagai Calon Presiden (Capres), Jokowi.

Para alumni SMAN 6 Solo dari berbagai angkatan tersebut berkumpul di Taman Balekambang untuk menggelar doa bersama yang ditujukan kepada Jokowi. Mahmud adalah salah satu dari alumni SMAN 6 Solo angkatan 1980. Dia pula yang selama 3 tahun menjadi teman satu bangku Jokowi.

Pelit Saat Ujian

Masih lekat dalam ingatannya kenangan saat-saat di sekolah dulu bersama teman-temannya, termasuk dengan Jokowi. Tanpa keberatan, Mahmud pun menceritakan tentang sosok Jokowi yang dia kenal saat sekolah dulu. Menurutnya, Gubernur Jakarta yang saat ini mencalonkan sebagai Presdiden itu memang dulu dikenal sebagai siswa yang pintar. “Tapi pelit. Kalau sedang ujian, saya mau nyontek jawabannya tidak boleh. Pasti langsung ditutupi,” ujar dia sambil tersenyum.

Mahmud mengatakan, teman satu bangkunya tersebut juga dikenal sebagai anak yang jujur dan konsekuen. Namun Jokowi dulu juga dikenal sebagai anak yang pendiam. “Sejauh yang saya tahu, dia itu pendiam, jauh dari kegiatan nongkrong, apalagi berkelahi. Ya beda lah dengan kami-kami. Kalau bahasa sekarang, dia tidak gaul,” ujar dia. “Saya kadang suka pindah-pindah duduknya dulu, karena kadang bosen juga duduk dengan Jokowi karena diam saja,” lanjutnya ditimpali tawa teman-temannya.

Mengenai kegemaran, Mahmud mengatakan jika di kamarnya, Jokowi banyak memiliki koleksi kaset, dan suka mendengarkan musik. “Koleksi kaset musiknya saat itu memang sudah di atas rata-rata. Kaset ada, piringan hitam juga ada. Kalau yang dari luar ya ada Led Zeppelin, Deep Purple. Kalau yang dari ada Trencem dan sebagainya. Banyak pokonya,” ungkapnya.

Dia sendiri mengaku heran, Jokowi yang pendiam ternyata suka dengan musik, apalagi rock.  Sementara itu, salah satu panitia doa bersama alumni SMAN 6 Solo untuk Jokowi, Suryo Atmanto, mengatakan kegiatan tersebut bukan yang pertama kalinya. Saat Jokowi maju sebagai calon Wali Kota Solo dulu, sambungnya, para alumni juga mengadakan doa bersama.

Begitu juga saat Jokowi maju sebagai calon Gubernur Jakarta. “Sekarang maju sebagai Capres, kami juga gelar doa bersama. Sebab dia adalah keluarga kami sebagai alumni SMAN 6. Dengan doa, meminta ridho Tuhan. Jika tuhan menghendaki kan jadi,” ujar dia. Suryo mengatakan kegiatan tersebut juga sebagai dukungan mental kepada Jokowi.

Alumni angkatan 1983 tersebut mengatakan di lingkungan sekolah,Jokowi dikenal sebagai orang yang rendah hati, jujur dan pintar. “Dia mau bekerja untuk orang banyak,dan itu yang didahulukan. Maka kami sebagai kawan ya mendoakan. Sebagai keluarga terdekat, kami akan berjuang agar beliau menang,” terang dia.

Acara doa bersama itu sendiri dihadiri alumni dari angkatan 1980 hingga 2014. Panitia juga menghadirkan guru-guru SMAN 6 baik yang saat ini masih mengajar di sana atau yang sudah purna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya