SOLOPOS.COM - Jusuf Kalla (JIBI/Antara/Wahyu Putro A)

Solopos.com, JAKARTA — Teka-teki nama kandidat cawapres pendamping capres dari PDIP, Joko Widodo atau Jokowi, segera diumumkan hari ini, Senin (19/5/2014). Dari nama-nama yang ada, para pimpinan partai telah mengerucut ke nama Jusuf Kalla (JK). Namun, kepastian nama cawapres pendamping Jokowi tetap berada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Saat ini, beberapa elit partai koalisi seperti Surya Paloh dari Nasdem, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan elit PDIP, sudah berkumpul di rumah Megawati. Sekjen PDIP, Tjahjo Kumolo, menyatakan pada Minggu (18/5/2014) malam, para elit PDIP dan partai koalisi telah bertemu. Hasil pertemuan itu menyebutkan nama Jusuf Kalla menjadi kandidat terkuat di antara nama-nama lain.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

“Bukan bermaksud mendahului, tapi dari hasil pertemuan semalam dengan Bu Mega, mengerucut nama pak Jusuf Kalla. Tapi masih ada nama-nama lain,” kata Tjahjo saat diwawancarai Kompas TV di kediaman Megawati, Jl. Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Senin pagi.

Seperti dikatakan Tjahjo, memang masih ada nama-nama lain meski semua mengerucut ke Jusuf Kalla. Nama Luhut Panjaitan dan Mahfud MD juga masih berpeluang menjadi cawapres pendamping Jokowi. Keputusan tetap dikembalikan ke Megawati sebagai Ketua Umum PDIP.

“Kita sepakat bertemu di Gedung Joang 45, setelah itu semua empat partai koalisi akan bertemu di Teuku Umar [rumah Megawati], dan setelah itu bersama ke KPU,” kata Tjahjo.

Pendeklarasian cawapres Jokowi memang disebut-sebut alot mengingat internal PDIP juga masih ada dua kekuatan dengan misi yang berbeda. Pengamat politik, Boni Hargens, mengatakan Megawati berada dalam posisi sulit menentukan pilihan.

“Di satu sisi dia harus mengakomodasi kubu yang menginginkan perubahan seperti pendukung Jokowi, dan di sisi lain ada kubu yang pro trah Soekarno,” kata Boni di studio Kompas TV, Senin pagi.

Seperti diberitakan sebelumnya, nama Puan Maharani juga muncul sebagai kandidat cawapres pendamping Jokowi, selain Abraham Samad dan Jusuf Kalla. Meski nama Jusuf Kalla menguat, pilihan tetap kembali ke tangan Megawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya