SOLOPOS.COM - Joko Widodo (JIBI/SOLOPOS/dok)

Joko Widodo (JIBI/SOLOPOS/dok)

JAKARTA—Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mulai berpikir untuk mengatasi permasalahan kota Jakarta yang sangat krusial, kemacetan. Ia pun berkomitmen untuk melanjutkan dan menyelesaikan proyek Mass Rapid Transit (MRT) dan monorail di Jakarta yang sempat tertunda pembangunannya.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Menurut Jokowi, MRT dan monorail bisa menjadi salah satu cara untuk menyelesaikan kemacetan di Jakarta dan juga permasalahan transportasi massa.

“Kita ingin membuat orang yang bergerak bukannya mobil pribadi yang bergerak. Karena ini tantangan untuk kota megapoltian seperti Jakarta, untuk itu harus ada transportasi massa yang memadai, salah satunya yah MRT dan monorail ini,” tegas Jokowi di Jakarta, Rabu (17/10/2012).

Sebagai tahap awal, Jokowi akan mempresentasikan semua idenya untuk mewujudkan transportasi ideal kepada para pemangku kepentingan (stakeholder). Jika semua pihak menyetujui, tinggal pelaksanaannya.

“Saya ingin presentasi semuanya. MRT saya presentasi dulu seperti apa. Kalau sudah oke, kalkulasi perhitungan oke. Jalan monorail juga sama, sekarang monorail berhenti, jadi presentasi lagi. Kalau kalkulasi oke, rencana makronya oke, jalan. Jangan rumit-rumitlah. Masalah sederhana jangan dibikin rumit,” terangnya.

Sementara itu, Jokowi juga mengingatkan kepada Kepala Dinas untuk dapat menguasai lapangan sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Kunjungannya ke lapangan dalam dua hari ini jangan hanya dilihat sebagai seremoni semata tetapi lebih kepada penekanan untuk para birokrat turun ke lapangan langsung melihat permasalahan yang ada di masyarakat.

“Kunjungan saya ke lapangan ingin memberikan pada dinas sebuah pesan bahwa menguasai lapangan itu perlu. Menguasai medan dan menguasai masalah itu perlu,” kata Jokowi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya