SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo melaksanakan salat id di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat pada Hari Idulfitri 1440 H, Rabu (5/6/2019). Padahal, Jokowi semula direncanakan menunaikan salat id di masjid kecil yang berada di tengah perkampungan Kota Jakarta.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menanggapi pers membantah batalnya Jokowi melaksanakan salat id di masjid kampung lantaran faktor keamanan. Seperti diketahui, beberapa hari lalu terjadi bom bunuh diri di pos polisi Tugu Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Oh enggak, enggak. Kemarin dari pertimbangan-pertimbangan, Bapak [Presiden Jokowi] kan belum pernah di Istiqlal ya salat Idulfitri. Jadi [salat id] di Istiqlal,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

Ekspedisi Mudik 2024

Bukan hanya itu, diputuskannya Masjid Istiqlal menjadi lokasi Jokowi melaksanakam salat id juga mempertimbangkan efisiensi waktu. Sebab, menurutnya, Jokowi menggelar open house di Istana Negara yang tak jauh dari Masjid Istiqlal.

“Tahun ini beliau salat di Istiqlal sekaligus dekat dengan Istana sehingga membuka open house-nya di sini,” ucapnya sebagaimana dikutip Liputan6.com.

Moeldoko mengklaim pemerintah telah meningkatkan keamanan pascabom bunuh diri di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (3/6/2019). Mantan Panglima TNI itu berharap dengan kejadian ledakan bom bunuh diri ini kesigapan aparat keamanan semakin meningkat.

“Tadinya menghadapi Lebaran ini sudah cukup bagus, tapi setelah kejadian ini kita semakin meningkatkan upaya keamanan,” tutur Moeldoko.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan Jokowi beserta keluarga akan menunaikan salat id di salah satu kampung di Jakarta. Namun, akhirnya Jokowi memilih Masjid Istiqlal menjadi lokasi salat id pada Hari Idulfitri 1440 H.

Jokowi turut didampingi Ibu Negara Iriana dan putra bungsunya Kaesang Pangarep. Sejumlah menteri Kabinet Kerja juga ikut salat id di Masjid Istiqlal.

Seusai salat, Jokowi bersama Wapres Jusuf Kalla serta didampingi Iriana dan Mufidah Kalla menggelar open house di Istana Negara. Open house itu diikuti oleh pejabat negara, duta besar negara sahabat, hingga masyarakat umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya