SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Joko Widodo (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Gubernur DKI Joko Widodo (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) segera mengundang perwakilan Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam waktu dekat untuk membicarakan kelanjutan proyek mass rapid transit (MRT).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jokowi mengatakan pekan ini manajemen PT MRT Jakarta akan diundang terlebih dahulu untuk menyampaikan pemaparan rincian biaya  proyek transportasi massal itu. Setelah itu, lanjutnya, JICA selaku lembaga donor Jepang yang memberikan pinjaman proyek ini juga akan diundang untuk menyampaikan pemaparan.

Ekspedisi Mudik 2024

“JICA belum diundang. Pokoknya pekan ini PT MRT Jakarta-nya saya undang, baru pekan depan Jepangnya (JICA) kita undang,” katanya di Bandara Halim Perdanakusuma saat melepas keberangkatan Presiden SBY ke Inggris, Selasa (30/10/2012).

Jokowi sebelumnya menyatakan jika biaya proyek MRT senilai Rp15 triliun terlalu mahal dan harus dikurangi. Namun, Jokowi akan meminta penjelasan terlebih dahulu dari manajemen PT MRT Jakarta dan JICA.

Dia mengatakan MRT sebagai transportasi massal termasuk proyek prioritas, sama halnya dengan proyek monorel.

Proyek MRT tahap pertama terdiri  dari jalur Lebak Bulus-Bundaran H. Jalur ini mempunyai delapan  paket pengerjaan yaitu tiga paket bawah tanah (underground), tiga paket layang (elevated), satu  paket sistem dan satu paket penyediaan kereta.

Seharusnya manajemen MRT segera mengumumkan pemenang tender untuk paket jalur bawah tanah dan jalur melayang. Namun, pengumuman ditunda karena Jokowi meminta penjelasan terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya